ANALISIS VARIASI POSISI KLIP JARUM SKEP TERHADAP UNJUK KERJA MESIN MOTOR YAMAHA JUPITER Z 110 cc TAHUN 2008
DOI:
https://doi.org/10.51804/mmej.v1i1.349Keywords:
Daya, Dynotest, Klip jarum skep, Mesin motor, TorsiAbstract
Pada perkembangan teknologi sepeda motor di Indonesia khususnya di temukan bahwa perkembangannya motor standar keluaran pabrik mengarah pada tingkat efisiensi yang tinggi. Hal itu pulalah yang menyebabkan membuat pabrikan membuat setingan yang “paten” agar settingan pabrik sebisa mingkin tidak berubah terlau banyak setelah motor digunakan oleh para pemakainya. Contoh nyata salah satunya pada teknologi jarum skep pada karburator sepeda motor. Umumnya jarum skep sepeda motor tipe-tipe terdahulu dapat di setel dengan penambahan alur pada batang ulir jarum skep tersebut. Akan tetapi sangat berbeda pada sepeda motor keluaran terkini. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berkut Untuk mengetahui posisi ring jarum skep terhadap unjuk kerja mesin sepeda motor Yamaha Jupitez yang meliputi daya motor dan konsumsi bahan bakar. Untuk mengetahui dimana posisi ring jarum skep yang paling optimum dan konsumsi bahan bakar yang paling irit pada sepeda motor Yamaha Jupiter. Metode penelitian yang di laksanakan ini adalah metode experimental murni yang di gunakan untuk variasi ring skep terhadap unjuk kerja pada motor bensin 4 langkah. Caranya adalah dengan membandingkan unjuk kerjanya pada motor bensin 4 langkah yang sudah menggunakan sistem pengapian CDI. Adapun tempat/ bengkel untuk pelaksanaan DYNOTEST beralamat di jalan undaan no 115 Banyuwangi motor. Hasil dari pengujian dan perhitungan, didapatkan posisi klip jarum skep yang paling baik digunakan pada sepeda motor yamaha jupiter z 110cc yaitu posisi klip jarum skep alur 0 pada rpm 2000 mampu menghabiskan bahan bakar 357,16 gr/jam, rpm 3000 505,87 gr/jam, rpm 4000 597,95 gr/jam, rpm 5000 865,89gr/jam serta Daya sebesar 6.1 HP dan Torsi 6.72Nm.
References
Afifah, Y. N. (2016). Aliran Tak Tunak Fluida Nano Magnetohidrodinamik (MHD) Yang Melewati Bola Teriris.
Arikunto Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : PT Rieneka Cipta.
Boentarto, Drs. 2005. Menghemat Bensin Sepeda Motor. Semarang : Effhar & Dahara Prize.
Eko Putra Agfianto. 2002. Belajar Mikrokontroler AT89C51/52/55. Yogyakarta
Pakpahan Abigain. 1998. Motor Otomotif I. Bandung : Angksa.
Sudjana. 1991. Desain Dan Analisis Eksperimen. Bandung : Tarsito 1992. Service Auto Mobil. Bandung : Pustaka Setia.
Setiawan Sulhan. 2006. Mudah dan Menyenangkan Belajar Mikrokontroler.
Suganda Hadi & Kageyama Katsumi. 1993. Pedoman Perawatan Sepeda Motor. Jakarta : Pradnya Paramita.
Wiranto Aris Munandar. 1988. Penggerak Mula Motor Bakar. Bandung : ITB Pers.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by MMEJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to MMEJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
MMEJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
MMEJ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.