PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BUSI TERHADAP PERFORMA MOTOR INJECTION VIXION 150 CC BERBAHAN BAKAR PERTALITE

Authors

  • Aditya Prakoso
  • Eddy Gunawan

DOI:

https://doi.org/10.51804/mmej.v4i1.1573

Keywords:

Pada pengapian sepeda motor dengan sistem injection busi memegang peranan penting. Busi mempunyai fungsi memercikan bunga api. Tujuan penelitian ini untuk melihat perbandingan daya, torsi, serta konsumsi bahan bakar pada motor bensin sistem injection yang

Abstract

Pada pengapian sepeda motor dengan sistem injection busi memegang peranan penting. Busi mempunyai fungsi memercikan bunga api. Tujuan penelitian ini untuk melihat perbandingan daya, torsi, serta konsumsi bahan bakar pada motor bensin sistem injection yang didapat dari busi standard, busi platinum, busi iridium. Pengujian ini menggunakan sepeda motor vixion 150 cc. Pengujian ini menggunakan alat dynotest. Pengujian dikerjakan secara bergantian dari macam macam busi dengan variasi putaran mesin 4500-10.000 rpm dengan kenaikan 500 rpm untuk melihat perbandingan torsi, daya, konsumsi bahan bakar. Hasil torsi paling tinggi dihasilkan pada busi iridium yaitu 15,84 Nm pada putaran 7500 rpm sedangkan daya paling tinggi menghasilkan hasil yang sama antara busi standard, busi platinum dan busi iridium yaitu 17,8 HP pada putaran 8500 rpm. Konsumsi bahan paling hemat didapatkan busi standard pada putaran 2000-8000 rpm dibandingkan busi platinum dan busi iridium

References

Arismunandar, W. (2002). Penggerak Mula Motor Bakar Torak (5th Ed.). Bandung: ITB Bandung.

Hidayat, W. (2012). Motor Bensin Modern. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kurniawan, H. (2015). Pengaruh Penggunaan Busi Standar , Busi Racing , Dan Busi Iridium Terhadap Kinerja Mesin Sepeda Motor 4 Langkah 110Cc Pada Berbagai Tekanan Kompresi.

Ningrat, A. A. W. K., Kusuma, I. G. B. W., &Wayan, I. (2016). Pengaruh Penggunaan Bahan Bakar Pertalite Terhadap Akselerasi Dan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Bertransmisi Otomatis. 2 (1), 59–67. PT. Pustaka Insan Madani.

Setyono, G., & Sungkowo K. (2014). Pengaruh Penggunaan Variasi Elektroda Busi Terhadap Performa Motor Bensin Torak 4 Langkah. Jurnal Saintek. 11 (2): 69-73.

Setyono,G., & Sungkono, D. (2013). Platinum dan Iridium terhadap Performa Motor Bensin. November, 1–9.

Solikin, M. & Sutiman. (2011). Mesin Sepeda Motor. Yogyakarta

Suyanto, W. (1989). Teori Motor Bensin. Jakarta: P2LPTK

Downloads

Published

2021-06-24

Issue

Section

Articles