PENGARUH HCS TERHADAP KONSUMSI, EMISI DAN PERFORMASI BAHAN BAKAR PERTALITE PADA KENDARAAN
DOI:
https://doi.org/10.51804/mmej.v6i1.13126Keywords:
Emisi, Konsumsi Bahan Bakar, Performa, HCSAbstract
Perkembangan zaman yang semakin maju menyebabkan penggunaan dan tingkat konsumsi energi menjadi meningkat. HCS (Hydrocarbon Cracking System) merupakan sebuah alat untuk meningkatkan kinerja terhadap kendaraan bermotor, dengan menggunakan pipa katalis yang digunakan sebagai alat untuk mempercepat proses pembakaran bahan bakar didalam ruang bakar. Yaitu dengan memanfaatkan kandungan hidrokarbon dalam bahan bakar (pertalite). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penambahan HCS dapat memberikan pengaruh pada kendaraan. Pada konsumsi dengan penambahan Hydrocarbon Cracking System menghasilkan konsumsi bahan bakar tertinggi sebesar 16 ml ml/menit pada putaran mesin 7.000 rpm. Pada kadar emisi gas buang kendaraan bermotor dengan penambahan Hydrocarbon Cracking System berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil pengujian emisi gas buang CO 0,57%, HC 221 ppm, CO2 12,8% dan O2 7,15%. Pada performasi dengan penambahan Hydrocarbon Cracking System berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil pengujian HP horse power dengan tertinggi sebesar 14,08 pada putaran mesin 8.000 rpm dan untuk torsi terbaca 9.84 pada putaran mesin 7.500 rpmReferences
Anwar, Syaiful, and Mujito Mujito. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Motor Merek Yamaha Di Kota Bogor.” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 9(1):183–92. doi: 10.37641/jimkes.v9i1.558.
Harling, Vina Natalia Van. 2018. “PENGARUH JUMLAH KATALISATOR PADA HYDROCARBON CRACK SYSTEM (HCS) DAN JENIS BUSI TERHADAP DAYA MESIN SEPEDA MOTOR HONDA SUPRA X 125.” Applied Microbiology and Biotechnology 3(1):1–14.
Kurnia, Alfi, and Sudarti. 2021. “Efek Rumah Kaca Oleh Kendaraan Bermotor.” Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains 4(2):1–9.
Kusuma, George Endri, Sryang Tera Sarena, Mardi Santoso, Emie Santoso, Ekky Nur Budiyanto, Himawan Candra Buana, Teknik Permesinan, Kapal Politeknik, Perkapalan Negeri, Teknik Kelistrikan, Kapal Politeknik, Perkapalan Negeri, and Jalan Teknik Kimia. 2021. “Peningkatan Performa 4 Stroke Si Engine Dengan Modifikasi Voltage Kelistrikan Untuk Kontrol Afr Pembakaran.” 11(1):35–42.
Mahrus, Ahmad, Aris Zainul Muttaqin, and M. R. Edoward. 2018. “Pengaruh Diameter Annulus Konsentris Pada HCS ( Hydrocarbon Crack System ) Dengan Bahan Bakar Bioetanol Terhadap Unjuk Kerja Motor Honda Suprax 125.” Stator 1(1):60–66.
Pambayun, Nirmala Adhi Yoga, Sukoco Sukoco, Wardan Suyanto, and Sudarwanto Sudarwanto. 2018. “Konsep Modifikasi Untuk Meningkatkan Daya Mesin Sepeda Motor.” Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif 1(1):38–53. doi: 10.21831/jpvo.v1i1.21782.
Prasetiyo, Dani Hari Tunggal, Angga Prasmana, Fajar Rahman, Lailul Ilham, Wahid Hamdani, and Bagus Adi Prasetyo. 2023. “Uji Performa Dan Konsumsi Bahan Bakar RON 90 Dengan Penambahan Bioetanol Dari Tetes Tebu.” J-Proteksion 4(13):1–6. doi: 10.32528/jp.v7i2.9009.
Prasetiyo, Dani Hari Tunggal, and Djoko Wahyudi. 2022a. “Analisis Pengaruh Pipa Inner Sebagai Katalis Metanol Dengan Memanfaatkan Energi Panas Yang Terbuang.” 5:7–13.
Prasetiyo, Dani Hari Tunggal, and Djoko Wahyudi. 2022b. “UJI KONSUMSI BAHAN BAKAR PREMIXED PADA MESIN KENDARAAN.” 5:36–40.
Rahmandani, Nadira, and Eka Puspa Dewi. 2023. “Pengaruh Energi Terbarukan , Emisi Karbon , Dan Foreign Direct Investment Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Negara Anggota OKI.” Jurnal Ilmuh Ekonomi Islam 9(01):405–17.
Rahmawati, Aldila. 2019. “Pengaruh Jumlah Penduduk, Jumlah Kendaraan Bermotor, PDRB per Kapita Dan Kebijakan Fiskal Terhadap Konsumsi Energi Minyak Di Indonesia.” Jurnal Pembangunan Dan Pemerataan (JPP) 10(1):1–28.
Saputra, Dodi. 2016. “Pengaruh Penggunaan Hydrocarbon Crack System (Hcs) Terhadap Kandungan Emisi Gas Buang Pada Sepeda Motor Honda Supra X 125.” 1–23.
Sukimin, Sukimin, and Nina Indriastuty. 2021. “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Merek Toyota Di Kota Balikpapan.” Jurnal GeoEkonomi 12(2):194–204. doi: 10.36277/geoekonomi.v12i2.162.
Suryono, Edy, Ignatius Henry Adi Nagoro, and Dimas Yoga Satria Wicaksana. 2018. “Analisis Temperatur Bahan Bakar Pada Reaktor Hydrocarbon Crack System Terhadap Hasil Emisi Engine 4a-Fe.” Automotive Experiences 1(3):58–63. doi: 10.31603/ae.v1i03.2333.
Wahyudi, D., and D. H. T. Prasetiyo. 2023. “Pengaruh Modifikasi Venturi Pada Kendaraan Dengan Sistem Distribusi Bahan Bakar Menggunakan Karburator.” … Mechanical Engineering Journal 5:31–35.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by MMEJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to MMEJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
MMEJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
MMEJ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.