PENGARUH PRESEPSI HARGA, LOKASI, DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN AVAN SUPERMARKET TROSOBO SIDOARJO

Penulis

  • Setiawan Setiawan Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Irma Nur Susanti Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Varid Martah Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/iej.v3i1.930

Kata Kunci:

Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, Kepuasan Konsumen

Abstrak

Pada era perkembangan saat ini yang semakin maju menimbulkan dampak tersendiri khususnya pada persaingan di bidang bisnis ritel menjadi semakin ketat dan keras. Gaya hidup manusia pada kelas menengah dan bawah semakin konsumtif lebih senang memilih berbelanja di Supermarket dibandingkan di Pasar Tradisional.Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan konsumen. Konsumen avan sepermarket yang dijadikan populasi dan menjadikan 96 orang sebagai responden. Menggunakan Accidental Sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Analisis Regresi Linear Berganda melalui program SPSS 21.0 merupakan metode analisis yang digunakan dalam observasi ini.Dalam hasil observasi ini ditunjukkan maka variabel fasilitas menurut parsial mempunyai dampak yang absolut dan relevan terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung 5,625 > ttabel 1,986. Variabel lokasi tidak berdampak kepada kepuasan konsumen dengan nilai thitung yaitu – 0,432 < ttabel 1,986. Variabel persepsi harga mempunyai pengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan nilai thitung 4,665 > ttabel 1,986. Dari hasil analisis yang diperoleh nilai koefisien determinasi R2 yaitu sebesar 0,479 yang artinya bahwa variabel independen (X) yaitu persepsi harga, lokasi, dan fasilitas mempunyai presentase keeratan kepada variabel dependen (Y) yaitu kepuasan konsumen sebesar 47,9 %, dan sedangkan sisanya adalah 52,1 % yang dipengaruhi oleh variabel lainnya dan bukan termasuk dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas,Kepuasan Konsumen

 

Referensi

Arif, D., Ekonomi, F., Maarif, U., & Latif, H. (2018). PELANGGAN. 2(1).

Arif, D., Rosidi, M. E., Dewi, N. N., Ekonomi, F., Maarif, U., Latif, H., & Sidoarjo, T. (2018). Intensitas Kebutuhan Konsumen Terhadap Permintaan Lpg 3 Kg Melalui Dukungan System Application And Product In Data Processing ( Sap ) Dalam Melakukan Kebijakan Supply . 2(1), 8–15

Arif, D., Yucha, N., Setiawan, S., Oktarina, D., Martah, V., & Muttaqiin, N. (2020). Applications Of Goods Mutation Control Form In Accounting Information System: A Case

Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of loan-loss provision, non-performing loans and third-party fund on capital adequacy ratio. Accounting, 7(10),943–950. https://doi.org/10.5267/j.ac.2021.1.013

Nugroho, M., Halik, A., & Arif, D. (2020). Effect Of Camels Ratio On Indonesia Banking Share Prices. The Journal of Asian Finance, Economics and Business, 7(11), 101–106.

Nugroho, M., Arif, D., & Halik, A. (2021). The effect of financial distress on stock returns , through systematic risk and profitability as mediator variables. 7, 1717–1724

Raharjo, Korniawan. (2015). Analisis Pengaruh Lokasi, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian di T.B Rajawali Kalicicik, Demak. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Pane, Ahmad Mansyur. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan, Fasilitas, Harga, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen di Zona Futsal. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Yularto,Rizki. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Store Atmosphere, Lokasi dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Empiris Pada Dynamite Barbershop Magelang). Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang

Agustin,Azalea. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan peserta didik kelas XII SMA di Lembaga Bimbingan dan Konsultasi belajar Harafa Cabang Pagar Alam Bandar

Lampung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung Bandar Lampung.

Aufa,Zan Deniar. (2015). Analisis Pengaruh Ragam Menu, Persepsi harga, Lokasi dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang pada Soto Sedeep Banyumanik

Cabang Ambarawa. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Amalya,Dian Emmy. (2015). Pengaruh Diferensiasi Produk, Persepsi Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Aksesoris pada Bengkel “Ocean Auto Wheels” di Semarang. Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Semarang.

Irawan,Adi. (2017). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata, Persepsi Harga, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Berkunjung Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Objek Wisata Teluk Kiluan). Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Lampung Bandar Lampung.

Rukhani, Ita Widia. (2019). Analisis Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Paket Internet Kartu Tri di Universitas Maarif Hasyim Latif.

Novita Sari, Khusna Ayu. (2016). Pengaruh Pelayanan, Cita

Rasa Masakan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Rumah Makan C’Bezt Cabang Blitar.

Pitriani, Widia Anisa. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan dn Suasana Cafe Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen Geprek King Bandar Lampung).

Diterbitkan

2021-06-04

Terbitan

Bagian

Articles