MEDIA EDUKASI PEMBELAJARAN 3D HEWAN DAN BUAH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID
Abstract
Sebagian orang merasa kesulitan untuk menarik minat anak mereka untuk mengenalankan hewan dan buah. Untuk menghilangkan rasa jenuh dalam proses pembelajaran ada satu cara yakni dengan pendekatan melalui game edukasi yang bias diakses melalui handphone , Tujuan pada penelitian ini untuk merancang dan membuat aplikasi edukasi pengenalan hewan dan buah disertai dengan objek 3D. Pembuatan apliaksi ini menggunakan metode penampilan onjek 3D dengan pendeteksian marker. Aplikasi ini dapat membantu memudahkan orang tua dalam memberikan pembelajaran tentang hewan dan buah terhadap anak mereka dengan menggunakan andriod, sehingga dapat menarik minat anak dengan adanya objek 3D dan lebih mudah dalam mengaksesnya karena sudah berbasis android.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hartono, R., Liliana, & Yulia. (2016). Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Hewan. Jurnal Infra, 4(2), 121–125.
Indrawaty, Y., Ichwan, M., & Putra, W. (2010). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN ANATOMI MANUSIA MENGGUNAKAN METODE AUGMENTED REALITY (AR). JURNAL INFORMATIKA, 4(2), 1–8.
Mahendra, I. B. M. (2016). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN UNITY 3D DAN VUPORIA SDK. JIK : Jurnal Ilmu Komputer, 9(1), 1–5. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/download/26341/16782
Uliontang, Setyati, E., & Chandra, F. H. (2020). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH TENTANG BENDA-BENDA BERSEJARAH PENINGGALAN KERAJAAN MAJAPAHIT DI TROWULAN MOJOKERTO. Teknika : Engineering and Sains Journal, 4(1), 19–26. Retrieved from https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika/article/view/785
Zuono, T. T., Hatta, M., Kurniawan, C., Sugiarto, I., Anggraini, M., Purwadi, A., … Souisa, F. (2019). Build design introduction to university profiles using the logo with the augmented reality method. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 12115. IOP Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.51804/ucaiaj.v3i2.87-92
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ubiquitous: Computers and its Applications Journal
UCaiAJ abstracted & indexed by :
ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)
UCaiAJ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher: LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif
Address: LPPM UMAHA
Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257 031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: ubiquitous@umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous
Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1