MEDIA EDUKASI PEMBELAJARAN 3D HEWAN DAN BUAH MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Authors

  • Viky Aditya Pratama Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v3i2.87-92

Keywords:

ar, augmented reality, hewan, buah

Abstract

Sebagian orang merasa kesulitan untuk menarik minat anak mereka untuk mengenalankan hewan dan buah. Untuk menghilangkan rasa jenuh dalam proses pembelajaran ada satu cara yakni dengan pendekatan melalui game edukasi yang bias diakses melalui handphone , Tujuan pada penelitian ini  untuk merancang dan membuat aplikasi edukasi pengenalan hewan dan buah disertai dengan objek 3D. Pembuatan apliaksi ini menggunakan metode penampilan onjek 3D dengan pendeteksian marker. Aplikasi ini dapat membantu memudahkan orang tua dalam memberikan pembelajaran tentang hewan dan buah terhadap anak mereka dengan menggunakan andriod, sehingga dapat menarik minat anak dengan adanya objek 3D dan lebih mudah dalam mengaksesnya karena sudah berbasis android.

Author Biography

Viky Aditya Pratama, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Hartono, R., Liliana, & Yulia. (2016). Pembuatan Aplikasi Augmented Reality Pembelajaran Hewan. Jurnal Infra, 4(2), 121–125.

Indrawaty, Y., Ichwan, M., & Putra, W. (2010). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN ANATOMI MANUSIA MENGGUNAKAN METODE AUGMENTED REALITY (AR). JURNAL INFORMATIKA, 4(2), 1–8.

Mahendra, I. B. M. (2016). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN UNITY 3D DAN VUPORIA SDK. JIK : Jurnal Ilmu Komputer, 9(1), 1–5. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/download/26341/16782

Uliontang, Setyati, E., & Chandra, F. H. (2020). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY PADA MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH TENTANG BENDA-BENDA BERSEJARAH PENINGGALAN KERAJAAN MAJAPAHIT DI TROWULAN MOJOKERTO. Teknika : Engineering and Sains Journal, 4(1), 19–26. Retrieved from https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika/article/view/785

Zuono, T. T., Hatta, M., Kurniawan, C., Sugiarto, I., Anggraini, M., Purwadi, A., … Souisa, F. (2019). Build design introduction to university profiles using the logo with the augmented reality method. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 12115. IOP Publishing.

Downloads

Published

2020-12-30