PROTOTIPE SISTEM KEAMANAN ALMARI MENGGUMAKAN RFID DAN ARDUINO UNO

Authors

  • Muaizzah Salama Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v3i1.49-52

Keywords:

almari, arduino uno, rfid, sistem keamanan, selenoid

Abstract

Almari adalah tempat menyimpan barang-barang berharga bagi setiap orang. Sistem keamanan almari yang menggunakan kunci konvensional memiliki kekurangan yang dapat mengurangi keamanan. Saat ini mulai dikembangkan sitem pengaman yang bersifat elektronik. Kunci elektronik yang bersifat otomatis setelah mendapat inputan dari benda pengenal menjadi pertimbangan dalam sistem keamanan, salah satu alat pengenal yaitu RFID (Radio-Frequency Identification). Pada penelitian ini membahas tentang prototipe sistem keamanan mengunakan RFID dan Arduino Uno pada almari. Sistem RFID memiliki Tag RFID dan Reader RFID. Arduino Uno sebagai pengolah inputan yang didapat dari RFID. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe dari sebuah kunci otomatis yang menggunakan RFID dan menggunakan selenoid untuk membuka pintu. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan dalam pengamanan almari.

Author Biography

Muaizzah Salama, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Basori, A. (2014). Sistem Pengaman Otomatis menggunakan Keypad dan Password berbasis Arduino Board. Sidoarjo: Sekolah Tinggi Teknik YPM.

Hazarah, A. (2017). Rancang Bangun Smart Door Lock Menggunakan Qr Code Dan Solenoid. Jurnal Teknologi Informatika Dan Terapan, 4(1), 5–10.

Roossano, A. A. A. (2016). Desain dan Prototipe Kunci Pintu Otomatis Menggunakan RFID Berbasis Arduino Uno. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 21(2).

Downloads

Published

2020-06-30

Issue

Section

Articles