PROTOTIPE SISTEM KEAMANAN ALMARI MENGGUMAKAN RFID DAN ARDUINO UNO

Muaizzah Salama

Abstract


Almari adalah tempat menyimpan barang-barang berharga bagi setiap orang. Sistem keamanan almari yang menggunakan kunci konvensional memiliki kekurangan yang dapat mengurangi keamanan. Saat ini mulai dikembangkan sitem pengaman yang bersifat elektronik. Kunci elektronik yang bersifat otomatis setelah mendapat inputan dari benda pengenal menjadi pertimbangan dalam sistem keamanan, salah satu alat pengenal yaitu RFID (Radio-Frequency Identification). Pada penelitian ini membahas tentang prototipe sistem keamanan mengunakan RFID dan Arduino Uno pada almari. Sistem RFID memiliki Tag RFID dan Reader RFID. Arduino Uno sebagai pengolah inputan yang didapat dari RFID. Hasil dari penelitian ini adalah prototipe dari sebuah kunci otomatis yang menggunakan RFID dan menggunakan selenoid untuk membuka pintu. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan dalam pengamanan almari.


Keywords


almari; arduino uno; rfid; sistem keamanan; selenoid

Full Text:

PDF

References


Basori, A. (2014). Sistem Pengaman Otomatis menggunakan Keypad dan Password berbasis Arduino Board. Sidoarjo: Sekolah Tinggi Teknik YPM.

Hazarah, A. (2017). Rancang Bangun Smart Door Lock Menggunakan Qr Code Dan Solenoid. Jurnal Teknologi Informatika Dan Terapan, 4(1), 5–10.

Roossano, A. A. A. (2016). Desain dan Prototipe Kunci Pintu Otomatis Menggunakan RFID Berbasis Arduino Uno. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 21(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/ucaiaj.v3i1.49-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ubiquitous: Computers and its Applications Journal




UCaiAJ abstracted & indexed by :  

       


ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)

Creative Commons License
UCaiAJ  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher: LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Address: LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: ubiquitous@umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous


Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1