APLIKASI E-PAYMENT BERBASIS FINGERPRINT UNTUK PELAYANAN TRANSAKSI
DOI:
https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v3i1.17-22Keywords:
e-payment, autentikasi sidik jari, smk islam tanwirul afkar, fingerprint scanner, fingerprint readerAbstract
Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, sangat tidak efektif jika melihat sebuah sistem pembayaran yang dilakukan secara manual (tunai), karena beberapa alasan yaitu : akses pembayaran yang terbilang cukup lama karena harus melakukan antri, pencatatan pembayaran yang tidak efektif karena harus mengandalkan buku, serta pembuatan laporan yang sangat rumit karena harus melihat histori pembayaran dari buku. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah membuat sistem pembayaran sekolah yang dikemas secara eloktronik dengan memanfaatkan jaringan internet dan identifikasi sidik jari sebagai media pembayaranya. Adapun sistem pembayaran ini dibuat dengan mamanfaatkan teknologi fingerprint yang sudah tertanam dihandphone setiap siswa serta terintegrasi dengan internet sebagai jalur pertukaran datanya. Alur sistemnya dimulai dari registrasi sidik jari melalui fingerprint scanner, login, topUp saldo, melihat dan memilih daftar pembayaran, dan terakhir melakukan pembayaran dengan melakukan autentikasi sidikjari menggunakan fingerprint reader. Dari penelitian ini diharapkan dapat meringankan beban bendahara maupun semua siswa dalam hal pembayaran sekolah khusunya dilingkungan SMK Islam Tanwirul Afkar sehingga didapatkan sistem pembayaran yang lebih cepat, fleksibel, serta aman digunakan.
References
Ahmad, A. (2012). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI: AKAR REVOLUSI DAN BERBAGAI STANDARNYA. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 137–149. https://doi.org/10.24252/JDT.V13I1.300
Aji, S. (2016). Membuat Login Session Register Android PHP MYSQL Android Studio ~ Blog Setya Aji. Retrieved January 9, 2019, from https://www.blogsetyaaji.com/2016/12/membuat-login-session-register-android.html
Dahlan, M. A. (1995). Information, technology, and society. Media Asia, 22(3), 128–131.
DiMarzio, J. (2016). Beginning Android Programming with Android Studio. John Wiley & Sons.
Ellitan, L. (1999). Reengineering Proses Bisnis : Tinjauan Konseptual dan Metodologi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 12–21. https://doi.org/10.9744/JMK.1.1.PP. 12-21
Hilton, R. W. (2003). Cost management: strategies for business decision. Boston: McGraw-Hill.
Huwaydi, Y., & Persada, S. F. (2018). Analisis Deskriptif Pengguna Go-Pay di Surabaya. Jurnal Teknik ITS, 7(1), A55–A59. https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i1.28827
Inducesmile. (2018). Using Android Fingerprint API for User Login and Registration. Retrieved May 10, 2019, from https://inducesmile.com/android/using-android-fingerprint-api-for-user-login-and-registration/
McLeod, R. (2001). Sistem Informasi Manajemen Jilid 1. Jakarta: PT Prenhallindo.
Safaat, N. (2019). Pemrograman Aplikasi Mobile Berbasis Android. Bandung: Informatika.
Soetarmono, A. N. D. (2012). Identifikasi Sidik Jari Dengan Menggunakan Struktur Minutia. Teknika, 1(1), 36–46.
Sommerville, I. (2004). Software Engineering (7th ed.). Addison Wesley.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by UCaiAJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to UCaiAJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
UCaiAJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
UCaiAJ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.