APLIKASI E-PAYMENT BERBASIS FINGERPRINT UNTUK PELAYANAN TRANSAKSI

Alif Nur Rahman

Abstract


Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, sangat tidak efektif jika melihat sebuah sistem pembayaran yang dilakukan secara manual (tunai), karena beberapa alasan yaitu : akses pembayaran yang terbilang cukup lama karena harus melakukan antri, pencatatan pembayaran yang tidak efektif karena harus mengandalkan buku, serta pembuatan laporan yang sangat rumit karena harus melihat histori pembayaran dari buku. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah membuat sistem pembayaran sekolah yang dikemas secara eloktronik dengan memanfaatkan jaringan internet dan identifikasi sidik jari sebagai media pembayaranya. Adapun sistem pembayaran ini dibuat dengan mamanfaatkan teknologi fingerprint yang sudah tertanam dihandphone setiap siswa serta terintegrasi dengan internet sebagai jalur pertukaran datanya. Alur sistemnya dimulai dari registrasi sidik jari melalui fingerprint scanner, login, topUp saldo, melihat dan memilih daftar pembayaran, dan terakhir melakukan pembayaran dengan melakukan autentikasi sidikjari menggunakan fingerprint reader. Dari penelitian ini diharapkan dapat meringankan beban bendahara maupun semua siswa dalam hal pembayaran sekolah khusunya dilingkungan SMK Islam Tanwirul Afkar sehingga didapatkan sistem pembayaran yang lebih cepat, fleksibel, serta aman digunakan.


Keywords


e-payment; autentikasi sidik jari; smk islam tanwirul afkar; fingerprint scanner; fingerprint reader

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. (2012). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI: AKAR REVOLUSI DAN BERBAGAI STANDARNYA. Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), 137–149. https://doi.org/10.24252/JDT.V13I1.300

Aji, S. (2016). Membuat Login Session Register Android PHP MYSQL Android Studio ~ Blog Setya Aji. Retrieved January 9, 2019, from https://www.blogsetyaaji.com/2016/12/membuat-login-session-register-android.html

Dahlan, M. A. (1995). Information, technology, and society. Media Asia, 22(3), 128–131.

DiMarzio, J. (2016). Beginning Android Programming with Android Studio. John Wiley & Sons.

Ellitan, L. (1999). Reengineering Proses Bisnis : Tinjauan Konseptual dan Metodologi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 1(1), 12–21. https://doi.org/10.9744/JMK.1.1.PP. 12-21

Hilton, R. W. (2003). Cost management: strategies for business decision. Boston: McGraw-Hill.

Huwaydi, Y., & Persada, S. F. (2018). Analisis Deskriptif Pengguna Go-Pay di Surabaya. Jurnal Teknik ITS, 7(1), A55–A59. https://doi.org/10.12962/j23373539.v7i1.28827

Inducesmile. (2018). Using Android Fingerprint API for User Login and Registration. Retrieved May 10, 2019, from https://inducesmile.com/android/using-android-fingerprint-api-for-user-login-and-registration/

McLeod, R. (2001). Sistem Informasi Manajemen Jilid 1. Jakarta: PT Prenhallindo.

Safaat, N. (2019). Pemrograman Aplikasi Mobile Berbasis Android. Bandung: Informatika.

Soetarmono, A. N. D. (2012). Identifikasi Sidik Jari Dengan Menggunakan Struktur Minutia. Teknika, 1(1), 36–46.

Sommerville, I. (2004). Software Engineering (7th ed.). Addison Wesley.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/ucaiaj.v3i1.17-22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ubiquitous: Computers and its Applications Journal




UCaiAJ abstracted & indexed by :  

       


ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)

Creative Commons License
UCaiAJ  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher: LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Address: LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: ubiquitous@umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous


Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1