PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA RAYAP MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS GUI

Mohammad Nurul Fauzi

Abstract


Rayap merupakan serangga dengan jumlah koloni besar yang dikenal menyebabkan kerusakan pada bangunan dan lingkungan sekitar, pada umumnya jenis rayap yang merusak lingkungan adalah rayap kayu dan rayap tanah. Rayap kayu dikenal sebagai hama perusak lingkungan yang bersarang dan memakan material kayu perabotan atau kerangka bangunan sehingga kerusakan yang diakibatkan berdampak buruk pada bangunan yang terserang. Ada juga jenis rayap tanah yang bersarang didalam tanah, dampak serangan dari koloni rayap tanah relatif paling parah, selain menyerang pondasi rumah, serangan rayap tanah yang dibiarkan tanpa tindakan penanganan lama-kelamaan bisa membuat pondasi hancur dan merobohkan bangunan yang diserang. Namun banyak masyarakat yang tidak mengetahui teknik dan cara untuk membasminya. Maka dari itu dibuatlah system pakar diagnosa hama rayap. yaitu sebuah sistem menggunakan fakta dalam pengambilan keputusan atas permasalahan yang biasa ditangani oleh tenaga ahli atau pakar dalam bidangnya diolah dengan metode tertentu, sehingga diperoleh hasil akhir sebuah persentase dan penanganan meneggunakan metode forward chaining, dengan aturan dan pernyataan sesuai dengan fakta-fakta yang diperoleh untuk mendapatkan fakta baru lalu dilanjutkan proses pencarian kesimpulan sehingga didapat hasil akhir yang sesuai atau sampai tidak ada lagi pernyataan yang sesuai fakta.


Keywords


diagnosa rayap; sistem pakar; forward chaining

Full Text:

PDF

References


Husni, H. (2010). Pengujian Keampuhan Umpan Hexaflumuron terhadap Koloni Rayap Tanah Schetiorhinotermes Javanicus Kemner (Isoptera: Rhinotermitidae) (Institut Pertanian Bogor). Retrieved from http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/4353

Sasmito, G. W. (2010). Aplikasi Sistem Pakar untuk Simulasi Diagnosa Hama dan Penyakit Tanaman Bawang Merah dan Cabai Menggunakan Forward Chaining dan Pendekatan Berbasis Aturan (Universitas Diponegoro). Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/26470/1/ginajar_wiro_msi.pdf

Sembel, D. T. (2010). Pengendalian Hayati : Hama-hama Serangga Tropis dan Gulma, Sejarah dan Luang Lingkup, Jenis dan Karakter Musuh Alami, Prosedur Pengendalian. Yogyakarta: Andi Publisher.

Wulandari, I. A., Aristoteles, A., & Suharjo, R. (2016). Sistem Identifikasi Penyakit Tanaman Padi dengan Menggunakan Metode Forward Chaining. Jurnal Komputasi, 4(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/ucaiaj.v3i1.7-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ubiquitous: Computers and its Applications Journal




UCaiAJ abstracted & indexed by :  

       


ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)

Creative Commons License
UCaiAJ  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher: LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Address: LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: ubiquitous@umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous


Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1