APLIKASI PENDETEKSI PLAGIARISME BERDASARKAN ISI TEKS DOKUMEN MENGGUNAKAN METODE LEVENSHTEIN DISTANCE

Shella Batrisyia Lupitasari

Abstract


Hadirnya teknologi informasi berkembang serta memiliki berdampak negatif yaitu plagiarisme termasuk isi teks dokumen . Plagiarisme adalah tindakan menirukan atau menjiplakan karya dan sumber orang lain dan mengakui sebagai karya sendiri. Oleh karena itu pendeteksian plagiarisme perlu dilakukan untuk mengurangi penjiplakan terhadap hasil karya orang lain. Tujuan ini menggunakan metode levenshtein distance sehingga dapat digunakan untuk membantu menentukan tindakan plagiarisme. Tipe format isi dokumen yang diuji adalah .docx dan .txt isi dokumen hanya menggunakan bahasa indonesia. Tahapan dalam sistem adalah preprocessing yang terdiri dari case folding, tokenizing, filtering, stemming, dan sorting. Setelah proses preprocessing maka tahap selanjutnya adalah perhitungan menggunakan rumus metode Levenshtein Distance dan rumus penggukuran nilai similarity sehingga mendapatkan nilai presentase kemiripan antara isi teks dokumen. Pada pengujian menggunakan isi dokumen yang asli yaitu data dokumen berplagiat dengan metode Levenshtein Distance menghasilkan nilai similarity yang tinggi yaitu di atas 77% sampai 100% untuk isi dokumen yang tingkat kemiripannya tinggi. Sedangkan untuk isi dokumen dengan tingkat kemiripan yang rendah atau tidak berplagiat maka menghasilkan nilai similarity di bawah 40%.


Keywords


dokumen; java; levenshtein distance; plagiarisme; preprocessing

Full Text:

PDF

References


Ajie, H., & Bangsa, A. S. (2017). Aplikasi Pendeteksi Dugaan Awal Plagiarisme Pada Tugas Siswa Dan Mahasiswa Berdasarkan Kemiripan Isi Teks Menggunakan Algoritma Levenshtein Distance. PINTER: Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 1(1), 23–30.

Azhri, M. F. (2019). Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Isi Teks Tugas Siswa Menggunakan Algoritma Levenshtein Distance. Universitas Nusantara PGRI.

Pratama, B. P., & Pamungkas, S. A. (2016). Analisis kinerja algoritma levenshtein distance dalam mendeteksi kemiripan dokumen teks. LOGIK@, 6(2), 131–143.

Pratama, M. R., Eko Budi, C., & Gita Indah, M. (2012). Aplikasi Pendeteksi Duplikasi Dokumen Teks Bahasa Indonesia Menggunakan Algoritma Winnowing Dengan Metode K-Gram Dan Synonym Recognition. Teknik Informatika UM Malang.

Sastroasmoro, S. (2007). Beberapa Catatan tentang Plagiarisme. Majalah Kedokteran Indonesia, 57(8), 239–244.

Sutisna, U., & Adisantoso, J. (2010). Koreksi Ejaan Query Bahasa Indonesia Menggunakan Algoritme Damerau Levenshtein. Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 8(2).

Waridah, E. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



UCaiAJ abstracted & indexed by :  

                    


ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)

Creative Commons License
UCaiAJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Address : LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail : ubiquitous@umaha.ac.id
URL : https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous


Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1