IMPLEMENTASI STEGANOGRAFI PENYEMBUNYIAN PESAN PADA GAMBAR MENGGUNAKAN METODE EOF DENGAN ENKRIPSI RSA BERBASIS ANDROID

Mohammad Hadi Nur Aini

Abstract


Pada era serba digital ini keamanan data atau pesan sudah menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Pengamanan data bisa dilakukan menggunakan cara enkripsi ataupun dengan steganografi. Kriptografi bertujuan untuk mengamankan pesan dengan mengubahnya menjadi tidak bisa dimengerti tanpa teknik tertentu. Stegnografi bertujuan untuk menyembunyikan pesan sehingga pesan tersebut tidak diketahui keberadaannya oleh orang lain. Steganografi merupakan teknik yang menarik dan cukup efektif untuk tujuan merahasiakan dan mengamankan pesan. Pada penelitian ini algoritma yang digunakan untuk enkripsi adalah algoritma RSA dan pengamanan pesan akan dikombinasikan dengan steganografi menggunakan metode End Of File. Pesan rahasia tersebut akan terlebih dahulu dienkripsi kemudian dilakukan proses penyisipan ke dalam suatu gambar. Penelitian ini menghasilkan suatu aplikasi yang berfungsi untuk keamanan pesan teks menjadi teks yang terenkripsi dan tersembunyi di dalam suatu gambar.


Keywords


dekripsi; enkripsi; eof; kriptografi; rsa; steganografi

Full Text:

PDF

References


Aditya, Y., Pratama, A., & Nurlifa, A. (2010). Studi pustaka untuk steganografi dengan beberapa metode. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Husein, M. (2014). Implementasi Caesar Cipher untuk Penyembunyian Pesan Teks Rahasia pada Citra dengan Menggunakan Metode Least Significant Bit. Pelita Informatika Budi Darma, VII(2), 116–122.

Ihwani, M. (2016). Model Keamanan Informasi Berbasis Digital Signature Dengan Algoritma Rsa. CESSJournal Of Computer Engineering System And Science, 1(1), 15–20.

Manurung, H. (2014). Teknik Penyembunyian Pesan Teks Pada Media Citra Gif Dengan Metode Least Significant Bit (LSB). (0911765), 62–68.

Putra, B. C., & Afifah, Y. N. (2018). Gaussian Mixture Model untuk Penghitungan Tingkat Kebersihan Sungai Berbasis Pengolahan Citra. Teknika: Engineering and Sains Journal, 2(1), 53–58.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



UCaiAJ abstracted & indexed by :  

                    


ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)

Creative Commons License
UCaiAJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Address : LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail : ubiquitous@umaha.ac.id
URL : https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous


Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1