SISTEM KENDALI PERALATAN ELEKTRONIK RUMAH TANGGA BERBASIS INTERNET OF THINGS (IoT) MENGGUNAKAN NODEMCU

Authors

  • Mochamad Bagus Arif Rahman Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v2i2.99-104

Keywords:

elektronik, internet of things, jarak jauh, kendali, nodemcu, website

Abstract

Dalam aktivitas sehari-hari kita masih melakukan pengendalian perangkat elektronik secara manual, tentu hal itu menjadi suatu persoalan ketika kita berada jauh dari peralatan elektronik tersebut. Maka dari itu diperlukan suatu teknologi yang dapat mempermudah mengontrol peralatan elektronik dari jarak jauh. Salah satu teknologi yang diperlukan yaitu sistem kendali peralatan elektronik berbasis IoT yang sangat bermanfaat untuk pengendalian jarak.jauh.melalui.internet. Pada pembuatan sistem ini pengendalian perangkat elektronik dilakukan melalui website yang di akses melalui smartphone yang terhubung dengan NodeMcu dan menghasilkan output on/off pada perangkat elektronik, sehingga membuat pengguna lebih mudah melakukan pengendalian meskipun berada jauh dari perangkat elektronik.

Author Biography

Mochamad Bagus Arif Rahman, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Bishop, O. (2004). Dasar-dasar Elektronika. Jakarta: Erlangga.

Mahali, M. I. (2016). Smart door locks based on internet of things concept with mobile backend as a service. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(3), 171–181.

Prihatmoko, D. (2016). Penerapan Internet Of Things (IoT) Dalam Pembelajaran di UNISNU Jepara. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 7(2), 567–574.

Saputo, T. T. (2017). Mengenal NodeMCU: Pertemuan Pertama - embeddednesia.com. Retrieved March 3, 2019, from https://embeddednesia.com/v1/tutorial-nodemcu-pertemuan-pertama/

Saputro, H. W. (2007). Pengertian Website dan Unsur-unsurnya – BaleBengong. Retrieved March 3, 2019, from https://balebengong.id/pengertian-website-dan-unsur-unsurnya/

Sugiono, S., Indriyani, T., & Ruswiansari, M. (2017). Kontrol Jarak Jauh Sistem Irigasi Sawah Berbasis Internet Of Things (IoT). INTEGER: Journal of Information Technology, 2(2).

Sukarjadi, Arifiyanto, Setiawan, D. T., & Hatta, M. (2017). Perancangan dan Pembuatan Smart Trash Bin di Universitas Maarif Hasyim Latif. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 101–110.

Downloads

Published

2019-12-30