PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN BANGUN RUANG 3D BERBASIS ANDROID DENGAN MEMANFAATKAN AUGMENTED REALITY

Zaki Mubarok

Abstract


Augmented Reality dapat diterapkan hampir disemua bidang kehidupan. Salah satu penerapanya yaitu dibidang pendidikan. Mata pelajaran yang membutuhkan media pembelajaran salah satunya adalah matematika, khususnya bangun ruang. Akan tetapi, siswa terkadang mengalami kesulitan dalam membayangkan suatu bangun ruang dari gambar di buku. Maka dibutuhkanlah suatu aplikasi untuk mengimplementasikan materi tentang bangun ruang matematika. Sehingga Metode Pembelajaran menjadi lebih menarik karena dapat menampilkan bentuk maya 3 dimensi dari obyek yang diinginkan terhadap dunia nyata melalui kamera smartphone android.


Keywords


augmented reality; matematika; bangun ruang; aplikasi android

Full Text:

PDF

References


Abdullah, F. (2014). Analisa Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Studi Kasus Pengenalan Angka pada Anak TK Mekar Budi Demak (Universitas Dian Nuswantoro). Retrieved from http://eprints.dinus.ac.id/13102/

Herri, W. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Untuk Kelas 6 Materi Bangun Ruang di SD Negeri Tlogorejo 2 Berbasis Augmented Reality (Universitas Dian Nuswantoro). Retrieved from http://eprints.dinus.ac.id/16503/

Mehta, P. (2013). Learn OpenGL ES: For Mobile Game and Graphics Development. Apress.

Rusnandi, E., Sujadi, H., & Fauzyah, E. F. N. (2016). Implementasi Augmented Reality (AR) pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D untuk Siswa Sekolah Dasar. INFOTECH Journal, 1(2).

Saputra, Y. A., & Indonesia, T. I. (2014). Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Fosil Purbakala di Museum Geologi Bandung. Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika (KOMPUTA), 1–8.

Septianto, R. (2014). Aplikasi Pembelajaran Bangun Datar dan Bangun Ruang Berbasis Mobile Android (Universitas Muhammadiyah Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/28194/

Sood, R. (2012). Pro Android augmented reality. Apress.

Subagyo, A., Listyorini, T., & Susanto, A. (2015). Pengenalan Rumus Bangun Ruang Matematika Berbasis Augmented Reality. Prosiding SNATIF, 29–32.

Wijaya, I. S. (2017). Rancangan Prototype Aplikasi Teknologi Augmented Reality (AR) Pengenalan Monumen Bersejarah di Kota Jambi dengan Menggunakan Patern Recognition Metode Natural Feature Tracking (NFT) Secara Real Time. Seminar Nasional Teknologi Informasi. Retrieved from http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_454081882733.pdf

Zuono, T. T., Hatta, M., Kurniawan, C., Sugiarto, I., Anggraini, M., Purwadi, A., … Souisa, F. (2019). Build design introduction to university profiles using the logo with the augmented reality method. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 12115. IOP Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



UCaiAJ abstracted & indexed by :  

                    


ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)

Creative Commons License
UCaiAJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Address : LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail : ubiquitous@umaha.ac.id
URL : https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous


Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1