SISTEM PAKAR IDENTIFIKASI JENIS VIRUS PADA KOMPUTER MENGGUNAKAN METODE DEMPSTER SHAFER BERBASIS ANDROID

Hendrik Setiawan

Abstract


Untuk mendapatkan kesimpulan dari suatu masalah kerusakan pada komputer yang disebabkan oleh virus dapat dilakukan dengan mengklasifikasikan suatu gejala ke dalam beberapa kelas. Klasifikasi merupakan pengelompokan atau identifikasi suatu gejala yang disebabkan virus komputer. Dalam melakukan klasifikasi pada suatu gejala terdapat berbagai macam metode diantaranya adalah metode forward chaining, backward chaining, certainty faktor, dan dempster shafer. Dalam penelitian ini mengunakan metode dempster shafer karena metode dempster shafer memiliki perhitungan untuk menentukan besar nilai kebenaran bahwa komputer telah disisipi oleh virus. Dalam klasifikasi ada dua teknik yang digunakan oleh penulis yaitu klasifikasi berdasarkan gejala dan klasifikasi berdasarkan jenis virus. Klasifikasi berdasarkan gejala adalah mengumpulkan semua gejala yang disebabkan virus dan kemudian diklasifikasikan berdasarkan jenis virus yang menginfeksi. Klasifikasi berdasarkan jenis virus adalah mengumpulkan semua nama virus yang ada di dalam dunia komputer dan kemudian diklasifikasikan berdasarkan jenis virus yang ada. Selanjutnya akan dibahas mengenai sistem pakar yang mampu untuk melakukan proses identifikasi jenis virus pada komputer dengan menggunakan salah satu metode matematika yaitu metode dempster shafer, sehingga akan dapat dihitung nilai dari setiap gejala yang ditimbulkan menggunakan perhitungan pada dempster shafer. Hasil perhitungan ini akan menentukan besar nilai kebenaran bahwa suatu komputer telah terinfeksi oleh sebuah virus.


Keywords


android; database; dempster-shafer; java; sistem pakar; virus komputer

Full Text:

PDF

References


Madcoms. (2018). Langkah Cerdas! Mengenal, Mencegah, Membasmi Segala Virus Komputer. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Putra, E. R. (2013). Sistem Pakar dengan Menggunakan Metode Dempster Shafer untuk Mendeteksi Jenis Perilaku Abnormal ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) pada Anak (Universitas Islam Negeri Sultan Syarief Kasim Riau). Retrieved from http://repository.uin-suska.ac.id/1208/

Rohman, A., Arif, I., Harianti, I., Hidayat, A. S., Teniwut, W. A., Baharun, H., … Burhanudin, J. (2019). ID3 algorithm approach for giving scholarships. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 12116. IOP Publishing.

Soeheri, & Doni, M. F. (2012). Sistem Pakar untuk Mengidentifikasi Jenis Virus Komputer Berdasarkan Gejala yang Ditimbulkan dan Cara Mengatasinya. CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal), 4(2), 96–119.

Sofyan, Y. (2013). Sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit kulit wajah berbasis mobile. Universitas Budi Luhur.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



UCaiAJ abstracted & indexed by :  

                    


ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)

Creative Commons License
UCaiAJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Address : LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail : ubiquitous@umaha.ac.id
URL : https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous


Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1