RANCANGAN SISTEM PENGUNCI RUMAH BERBASIS ARDUINO UNO R3 DENGAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) DAN SELENOID DOOR LOCK

Authors

  • Rio Gaveri Pratama Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v2i1.45-50

Keywords:

rfid reader, rfid tag, arduino uno r3

Abstract

Sistem pengunci pintu otomatis memakai Arduino Uno R3, LCD 16x2 serta selenoid lock door yang di desain dengan menggunakan inputan berupa dua RFID reader yang terpasang di badan pintu rumah dengan tata letak yang berbeda, satu RFID reader berada diluar pintu dan didalam pintu rumah dengan satu RFID tag yang sama yaitu hanya menggunakan satu TAG yang berfungsi dikedua RFID reader di dalam dan di luar pintu rumah, sistem pengunci ini berjalan menggunakan atau tegangan 12V DC yang di dapat dari power supply yang sudah diubah teganannya dari AC  ke DC, cara kerja pengunci pintu ini, saat pengguna menempelkan atau mendekatkan tag yang sudah teregistrasi didalam arduino maka selenoid akan terbuka dan LCD akan menampilkan display (OPEN DOOR) dan jika tag tidak terdeteksi oleh modul reader maka selenoid tidak akan terbuka dan LCD akan menampilkan display (NOT ALLOWED). Sistem ini dapat digunakan untuk pintu gudang, rumah dan kamar karena ringkas dan pembuatannya tidak menggunakan banyak biaya, selain itu mudah pengerjaannya.

Author Biography

Rio Gaveri Pratama, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika

Fakultas Teknik

References

Asad, M. R., Nurhayati, O. D., & Widianto, E. D. (2015). Sistem Pengamanan Pintu Rumah Otomatis via SMS Berbasis Mikrokontroller ATMega328P. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(1), 1–7.

Astuti, Y. (2015). Radio frequency identification (RFID) untuk keamanan parkir sepeda motor di Smk X. Jurnal Teknologi Informasi Respati, 10(29).

Mubarok, A., Sofyan, I., Rismayadi, A. A., & Najiyah, I. (2018). Sistem Keamanan Rumah Menggunakan RFID, Sensor PIR dan Modul GSM Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Informatika, 5(1), 137–144.

Rachmat, H. H., & Hutabarat, G. A. (2014). Pemanfaatan Sistem RFID sebagai Pembatas Akses Ruangan. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 2(1), 27.

Sukarjadi, S., Arifiyanto, A., Setiawan, D. T., & Hatta, M. (2017). Perancangan dan Pembuatan Smart Trash Bin di Universitas Maarif Hasyim Latif. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 101-110.

Sunarya, U., Halomoan, J., & Ruswanda, G. A. P. (2015). Perancangan Rekam Medis PPTM Berbasis Android dan Mikrokontroler Menggunakan Teknologi RFID. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 4(1), 50–55.

Yuniarsyah, Y., Usada, E., & Amalina, A. (2013). Rancang Bangun Keanggotaan Perpustakaan STT Telematika Telkom Menggunakan RFID Berbasis Java 2 Standard Edition Dengan Konsep Client Server. Jurnal Infotel, 5(1), 39–51.

Downloads

Published

2019-06-30

Issue

Section

Articles