PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER BAGI ANAK DIDIK TINGKAT SLTP

Ahmad Badrur Riza

Abstract


Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata secara real-time. Penelitian ini akan memasukkan teknologi AR ke dalam  pembelajaran hardware komputer bagi anak didik tingkat SLTP, setelah marker terdeteksi model CPU 3D pada smartphone android akan muncul diatas marker seolah-olah komputer tersebut nyata, sehingga perangkat komputer ini akan menjadi lebih real dengan adanya objek 3D. aplikasi dibangun untuk perangkat mobile bersistem operasi Android. Dari hasil pengujian device, aplikasi dapat berjalan sempurna pada device dengan spesifikasi RAM 1,5GB ke atas. Parameter jarak, pencahayaan dan sudut kemiringan kamera juga berpengaruh terhadap output animasi objek 3D. Jarak minimum aplikasi dapat menampilkan animasi objek 3D dengan sempurna adalah 15 cm dengan kriteria pencahayaan sinar matahari (berawan) dan sudut kemiringan kamera 0o. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan terjadi peningkatan pembelajaran dalam sekolahan dan sebagai inovasi baru supaya lebih menarik apa yang ingin diajarkan.


Keywords


android; augmented reality; blender; unity 3d

Full Text:

PDF

References


Adidrana, D., Lumenta, A. S. M., Sugiarso, B. A., & Tulenan, V. (2013). Perancangan Kartu Nama dengan Augmented Reality sebagai Portofolio Digital. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 2(2).

Anam, K., & Sehman. (2017). APLIKASI AGEN CERDAS UNTUK PEMBELAJARAN PEMPROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK BERBASIS NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP). Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan V.

Ardhianto, E., Hadikurniawati, W., & Winarno, E. (2012). Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Dinamik, 17(2).

Azuma, R. T. (1997). A Survey of Augmented Reality Presence: Teleoperators and Virtual Environment.

Cushnan, D., & Habbak, H. E. L. (2013). Developing ar games for ios and android. Packt Publishing Ltd.

Fajar, F. (2014). Mobile Interactive Augmented Reality. Bandung: Buku AR Online.

Fernando, M. (2013). Membuat aplikasi android augmented reality menggunakan vuforia sdk dan unity. Surakarta: AR Online.

Kusuma, I. (2014). Pembanguna Aplikasi Media Periklanan Arloji Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. In Tersedia: http://e-journal. uajy. ac. id/5157/4/3TF05511. pdf [03 Desember].

Rahmat, B. (2011). Analisis Dan Perancangan Sistem Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality.

Rimahirdani, F., & Eviyanti, A. (2010). Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Alat Musik Gamelan Jawa. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Yudhastara, B. (2012). Teknologi Augmented Reality Untuk Buku Pembelajaran Hewan pada Anak Usia Dini Secara Virtual. STIMIK AMIKOM Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



UCaiAJ abstracted & indexed by :  

                    


ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)

Creative Commons License
UCaiAJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Address : LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail : ubiquitous@umaha.ac.id
URL : https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous


Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1