PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN HARDWARE KOMPUTER BAGI ANAK DIDIK TINGKAT SLTP
DOI:
https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v1i1.61-66Keywords:
android, augmented reality, blender, unity 3dAbstract
Augmented Reality (AR) adalah suatu lingkungan yang memasukkan objek virtual 3D kedalam lingkungan nyata secara real-time. Penelitian ini akan memasukkan teknologi AR ke dalam pembelajaran hardware komputer bagi anak didik tingkat SLTP, setelah marker terdeteksi model CPU 3D pada smartphone android akan muncul diatas marker seolah-olah komputer tersebut nyata, sehingga perangkat komputer ini akan menjadi lebih real dengan adanya objek 3D. aplikasi dibangun untuk perangkat mobile bersistem operasi Android. Dari hasil pengujian device, aplikasi dapat berjalan sempurna pada device dengan spesifikasi RAM 1,5GB ke atas. Parameter jarak, pencahayaan dan sudut kemiringan kamera juga berpengaruh terhadap output animasi objek 3D. Jarak minimum aplikasi dapat menampilkan animasi objek 3D dengan sempurna adalah 15 cm dengan kriteria pencahayaan sinar matahari (berawan) dan sudut kemiringan kamera 0o. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan terjadi peningkatan pembelajaran dalam sekolahan dan sebagai inovasi baru supaya lebih menarik apa yang ingin diajarkan.
References
Adidrana, D., Lumenta, A. S. M., Sugiarso, B. A., & Tulenan, V. (2013). Perancangan Kartu Nama dengan Augmented Reality sebagai Portofolio Digital. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 2(2).
Anam, K., & Sehman. (2017). APLIKASI AGEN CERDAS UNTUK PEMBELAJARAN PEMPROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK BERBASIS NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP). Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan V.
Ardhianto, E., Hadikurniawati, W., & Winarno, E. (2012). Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Dinamik, 17(2).
Azuma, R. T. (1997). A Survey of Augmented Reality Presence: Teleoperators and Virtual Environment.
Cushnan, D., & Habbak, H. E. L. (2013). Developing ar games for ios and android. Packt Publishing Ltd.
Fajar, F. (2014). Mobile Interactive Augmented Reality. Bandung: Buku AR Online.
Fernando, M. (2013). Membuat aplikasi android augmented reality menggunakan vuforia sdk dan unity. Surakarta: AR Online.
Kusuma, I. (2014). Pembanguna Aplikasi Media Periklanan Arloji Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. In Tersedia: http://e-journal. uajy. ac. id/5157/4/3TF05511. pdf [03 Desember].
Rahmat, B. (2011). Analisis Dan Perancangan Sistem Pengenalan Bangun Ruang Menggunakan Augmented Reality.
Rimahirdani, F., & Eviyanti, A. (2010). Aplikasi Augmented Reality Pengenalan Alat Musik Gamelan Jawa. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Yudhastara, B. (2012). Teknologi Augmented Reality Untuk Buku Pembelajaran Hewan pada Anak Usia Dini Secara Virtual. STIMIK AMIKOM Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by UCaiAJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to UCaiAJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
UCaiAJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
UCaiAJ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.