RANCANG BANGUN SISTEM PENGIFORMASI TITIK API PADA KEBAKARAN RUMAH BERBASIS SMS GATEWAY ARDUINO

Authors

  • Aditya Anugrah Sukma Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v1i1.55-60

Keywords:

smoked detector type fg200, mikrokontroller arduino uno r3, sms

Abstract

Kebakaran merupakan terjadinya reaksi kimia dioksidasi pada bahan bakar yang terjadi sangat cepat dan menghasilkan panas. Kebakaran adalah suatu reaksi oksidasi terdiri dari 3 unsur yaitu, bahan bakar, oksigen, dan sumber panas, yang mempunyai dampak kerugian harta benda, cidera, bahkan kematian. Peralatan ini menggunakan fire detector sebagai sensornya yang akan digunakan untuk mendeteksi sekumpulan asap. Jika asap dapat mengaktifkan fire detector maka mikrokontroller akan melakukan perintah untuk mengirimkan informasi data (SMS) yang berisi “warning ada kebakaran” kepada nomor telepon seluler yang telah terprogram didalam mikrokontroler Arduino UNO. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat sistem peringatan kebakaran memanfaatkan fasilitas SMS (Short Message Service) menggunakan telepon seluler dengan mikrokontroller Arduino R3 sebagai pengendalinya. Setelah dilakukan pengujian alat sistem-sistem yang terintegrasi bekerja dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan dimana pengiriman informasi ke lima nomor yang dituju sudah bisa dilakukan. Dari hasil pengujian alat yang dilakukan, fire detector akan bekerja ketika adanya api dan asap.

Author Biography

Aditya Anugrah Sukma, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Budiharto, W., & Rizal, G. (2007). Belajar Sendiri 12 Proyek Mikrokontroler untuk Pemula. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Handoko, D. (2008). Otomatisasi Sistem Penanganan Kebakaran Berbasis Mikrokontroler IC AT MEGA 8535. Seminar Nasional Sains danTeknologi-II.

Morshed, M. M., & Haseeb, A. (2004). Physical and chemical characteristics of commercially available brake shoe lining materials: a comparative study. Journal of Materials Processing Technology, 155, 1422–1427.

Putro, B. L. (2009). Aplikasi Message Center: Modul Antar Muka Antara Handphone Dengan Komputer. Jurnal Fakultas Hukum UII.

Sastra, N. P., Wiharta, D. M., & Supranartha, A. (2005). Perancangan dan Pembuatan Sistem Kontrol dengan Memanfaatkan Layanan SMS Telepon Selular Berbasis Mikrokontroler AT89C51. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 4(2).

Sukarjadi, S., Arifiyanto, A., Setiawan, D. T., & Hatta, M. (2017). Perancangan dan Pembuatan Smart Trash Bin di Universitas Maarif Hasyim Latif. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 101-110.

Downloads

Published

2018-12-30