RANCANG BANGUN PROTOTIPE PENJEMUR PAKAIAN OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER ARDUINO UNO

Authors

  • Siska Yuliati Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v1i1.41-54

Keywords:

arduino, jemuran, sensor, motor, limit swicth, lcd

Abstract

Hujan ataupun cuaca buruk hingga saat ini menjadi masalah utama bagi masyarakat yang memiliki jemuran. Biasanya pakaian yang dijemur sering ditinggalkan berpergian, sehingga tidak sempat lagi untuk mengangkat jemuran pada waktu akan turun hujan atupun hari sudah malam. Untuk mengatasi masalah mengangkat jemuran saat turun hujan dan hari sudah malam maka perlu adanya dengan cara membuat alat rancang bangun prototipe penjemur pakaian otomatis berbasis mikrokontroler arduino uno. Tujuan dengan membuat sebuah alat yang dapat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga khususnya dalam menjemur pakaian. Dari hasil pengujian alat yang sudah dirancang. Alat bekerja setiap kali sensor akan membaca cuaca sekitar, seperti ketika sensor LDR mendeteksi cahaya terang dan redup dan sensor hujan mendeteksi ada atau tidak adanya air sehingga motor DC akan menarik jemuran kedalam dan keluar rumah, limit swicth berfungsi sebagai memutuskan arus pada motor sehingga motor akan berhenti, dan LCD 16×2 dapat berfungsi untuk menampilkan teks, atau menampilkan menu pada aplikasi mikrokontroler Arduino Uno.

Author Biography

Siska Yuliati, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Damastuti, N., & Syafi’i, I. (2016). Sistem Otomasi Atap Bangunan Pada Gudang Pengeringan Jagung Berbasis Arduino Uno. E-Jurnal NARODROID, 2(1), 111–116.

Feriska, A., & Triyanto, D. (2017). Rancang Bangun Penjemur Dan Pengering Pakaian Otomatis Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Coding Sistem Komputer Universitas Tanjungpura, 5(2).

Kadir, A. (2013). Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler Dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino (I, 1st Published). Retrieved from http://andipublisher.com/produk-1113004964-panduan-praktis-mempelajari-aplikasi-mik.html

Laksono, A. B., & Abidin, Z. (2014). Perancangan Dan Pembuatan Alat Jemuran Otomatis Sensor Deteksi Basah. Jurnal Teknik A, 6(2), 593–596.

Margolis, M. (2011). Arduino cookbook: recipes to begin, expand, and enhance your projects. “ O’Reilly Media, Inc.”

Marpaung, N. (2017). Perancangan Prototype Jemuran Pintar Berbasis Arduino Uno R3 Menggunakan Sensor LDR dan Sensor Air. Riau Journal Of Computer Science, 3(2), 71–80.

McRoberts, M. (2009). Arduino starter kit manual. A Complete Beginner’s Guide to the Arduino. First Edition. Miami, USA: Earthshine Electronics.

Mufida, E., Nurajizah, S., & Abas, A. (2013). PENGENDALI ATAP JEMURAN OTOMATIS DENGAN SENSOR CAHAYA BERBASISKAN MIKROKONTROLER ATMEGA16. Konferensi Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi, 1(1).

Rismawan, E., Sulistiyanti, S. R., & Trisanto, A. (2012). Rancang Bangun Prototype Penjemur Pakaian Otomatis Berbasis Mikrokontroler Atmega8535. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 1(1).

Siswanto, D., & Winardi, S. (2015). Jemuran Pakaian Otomatis Menggunakan Sensor Hujan Dan Sensor LDR berbasis Arduino Uno. E-Jurnal NARODROID, 1(2).

Sukarjadi, S., Arifiyanto, A., Setiawan, D. T., & Hatta, M. (2017). Perancangan dan Pembuatan Smart Trash Bin di Universitas Maarif Hasyim Latif. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 101-110.

Sulistiyanti, S. R., & Setyawan, F. X. A. (2006). Dasar Sistem Kendali. Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Wardhana, L. (2006). Belajar Sendiri Mikrokontroler AVR Seri ATMega8535 Simulasi, Hardware, dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Zuhal. (1995). Dasar Teknik Tenaga Listrik dan Elektonika Daya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2018-12-30