APLIKASI ANDROID PENCARIAN MIKROLET KOTA SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA DIJKSTRA

Chayatul Ichsan

Abstract


Pencarian jalur terpendek angkutan kota atau mikrolet merupakan suatu permasalahan untuk menemukan sebuah jalur antara dua node dengan jumlah bobot minimal. Pada kasus pencarian jalur tercepat untuk menentukan jalur atau rute trayek angkutan kota atau mikrolet terpendek dengan mempresentasikan dua node dengan bobot jarak terpendek. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan pencarian jalur terpendek yaitu dengan menggunakan algoritma dijkstra. Tujuan dari penelitihan ini adalah untuk mudahkan untuk mencari lokasi trayek terdekat pada lokasi pengguna berada. Selain itu, pengguna juga dapat dipermudah dengan  trayek mana saja yang akan dilewati oleh pengguna sesuai lokasi yang akan dituju. Algoritma dijktra merupakan salah satu bentuk algoritma greedy. Algoritma ini termasuk algoritma pencarian graf yang digunakan untuk menyelesaikan masalah lintasan terpendek dengan satu sumber pada sebuah graf yang tidak memiliki cost sisi negatif, dan menghasilkan sebuah pohon lintasan terpendek. Algoritma ini sering digunakan pada routing Algoritma dijkstra mencari lintasan terpendek dalam sejumlah langkah. Bahwasanya algoritma djiktra yang dijadikan algoritma utama dalam membuat apikasi ini, bisa dilakukan dengan cara algoritma diimplementasikan ke dalam mysql Stroredproc tidak ada kendala dalama urusan mengolah data dan memperoleh hasil node–node mikrolet.


Keywords


algoritma dijkstra; rute angkutan umum; algoritma dan pemograman

Full Text:

PDF

References


Arifianto, S., Suryono, & Suhartono. (2012). Sistem Aplikasi Penentuan Rute Terpendek pada Jaringan Multi Moda Transportasi Umum Menggunakan Algoritma Dijkstra (Universitas Diponegoro). Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/36018/

Ariyandi, D., Kurniawan, D., & Hijriani, A. (2016). Aplikasi Pencarian Rute Angkutan Umum di Bandar Lampung Berbasis Mobile Android. Jurnal Komputasi, 4(1).

Cahyono, E. D., & Fariza, A. (2009). Sistem Informasi Geografi (SIG) Angkutan Umum Di Surabaya Berbasis Web. Eepis Final Project.

Kartasasmita, M., Purba, A. B., & Kusdiawan, W. (2017). Penentuan Jarak Efisien Pengantaran Pasien oleh Ambulance ke RSUD Karawang dengan Algoritme Dijkstra. ILKOM Jurnal Ilmiah, 9(3), 290–300.

Lukmana, I., Swanjaya, D., Kurniawardhani, A., Arifin, A. Z., & Purwitasari, D. (2014). Multi-Document Summarization Based On Sentence Clustering Improved Using Topic Words. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 12(2), 1–8.

Ontoseno, R. D. H., Haqqi, M. N., & Hatta, M. (2017). Limitasi Pengguna Akses Internet Berdasarkan Kuota Waktu dan Data Menggunakan PC Router OS Mikrotik. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 125–130.

Pradnyana, I. N. P. (2010). Pencarian Rute Terpendek Tempat Penting Melalui Mobile GMaps dengan Menggunakan Algoritma Dijkstra. Program Studi Teknik Informatika Sekolah Teknik Elektro Dan Informatika, Institut Teknologi Bandung.

Priatmoko, S. B. (2015). Algoritma Dijkstra Untuk Pencarian Jalur Terdekat Dan Rekomendasi Objek Pariwisata Di Pulau Bali. Program Studi Teknik Informatika, Universitas Dian Nuswantoro.

Saputro, S. S. (2013). Perancangan Aplikasi GIS Pencarian Rute Terpendek Peta Wisata di Kota Manado Berbasis Mobile WEB dengan Algoritma Dijkstra. Teknik Informatika, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang.

Singal, P., & Chhillar, R. S. (2014). Dijkstra Shortest Path Algorithm using Global Positioning System. International Journal of Computer Applications, 101(6), 12–18.

Sivakumar, S., & Chandrasekar, C. (2014). Modified Dijkstra’s shortest path algorithm. International Journal of Innovative Research in Computer and Communication Engineering, 2(11), 6450–6456.

Tirastittam, P., & Waiyawuththanapoom, P. (2014). Public transport planning system by dijkstra algorithm: Case study bangkok metropolitan area. World Academy of Science, Engineering and Technology International Journal of Social, Behavioral, Educational, Economic, Business and Industrial Engineering, 8(1), 54–59.

Trianti, M., Verdinan, W., & Rachmansyah, R. (n.d.). Aplikasi Pencarian Rute Transportasi Umum Berbasis Android.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



UCaiAJ abstracted & indexed by :  

                    


ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)

Creative Commons License
UCaiAJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Address : LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail : ubiquitous@umaha.ac.id
URL : https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous


Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1