PENGGALIAN KAIDAH ASOSIASI UNTUK MENENTUKAN MEREK PAKAIAN YANG PALING BANYAK DIMINATI PADA MODE FASHION DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI

Authors

  • Nur Kholifatul Jannah Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v1i1.13-18

Keywords:

algoritma apriori, association rule, fashion

Abstract

Peminat fashion dewasa ini sangat beragam dan banyak varian. Oleh karena itu peneliti ingin membagi pengetahuan untuk memberikan informasi dan menentukan solusi dalam menentukan merek yang sesuai dengan keinginan. Metode algoritma apriori dapat menjadi media alternatif penyedia informasi sehingga memudahkan pengguna mendapatkan informasi tentang fashion, metode ini dianggap paling sesuai untuk menyelesaikan permasalahan ini karena perhitungan nya cukup mudah dan cukup ringkas selain itu metode ini sesuai dengan perancangan sistem yang akan dibuat. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah suatu aplikasi yang menggunakan Association Rule dengan menggunakan algoritma apriori dapat menganalisa pola konsumsi pelanggan untuk menentukan merek pakaian yang akan dipilih.

Author Biography

Nur Kholifatul Jannah, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Connolly, T. M., & Begg, C. E. (2005). Database systems: a practical approach to design, implementation, and management. Pearson Education.

Fayyad, U. M., Piatetsky-Shapiro, G., Smyth, P., & Uthurusamy, R. (1996). Advances in knowledge discovery and data mining. Menlo Park, CA: AAAI. MIT press.

Henrry Bonai, D. (2011). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN ANALISIS POLA PEMBELIAN PRODUK DENGAN METODE ALGORITMA APRIORI. UPN" VETERAN" YOGYAKARTA.

Santoso, A., Pradana, T., & Ulyontang. (2015). PENGGALIAN KAIDAH MULTILEVEL ASSOCIATION RULE DARI DATA MART SWALAYAN ASGAP KRIAN. IDEATECH, 67–75. ISTTS Surabaya.

Turban, E., Aronson, J. E., & Liang, T. P. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2018-12-30