PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PENGATUR BUKA TUTUP TEMPAT MAKANAN OTOMATIS PADA KAFE BERBASIS ARDUINO NANO

Agus Purwanto

Abstract


Pada saat ini alat yang dapat membantu memudahkan manusia sangatlah diperlukan, maka dari itu dibutuhkan alat yang mampu bekerja secara otomatis. Alat untuk memudahkan pengguna saat berada di kafe-kafe yang terutama penempatan wadah makanan agar makanan  terhindar dari lalat dan debu, maka dari itu dibuatlah alat bantu perancangan dan pembuatan pengatur buka tutup makanan otomatis pada kafe berbasis Arduino Nano dengan sensor ultrasonik. Dalam pemrosesannya, Arduino Nano dibantu oleh sensor ultrasonik yang dapat bekerja mendeteksi gerakan telapan tangan manusia. Tujuan dibuatnya alat ini adalah untuk memudahkan pengguna pada saat di kafe karena tidak perlu lagi membuka dan menutup wadah makanan dengan manual cukup telapak tanagan didekatkan ke sensor, melalui uji coba dengan jarak 0–5 cm, dan untuk menahan buka tutup nya dengan jarak 5–20 cm, yang terbukti mampu mendeteksi gerakan telapak tangan manusia. Sensor ultrasonik juga mampu membantu pekerjaan manusia saat lupa atau teledor saat menutup wadah makanan, dan juga mampu membuat makanan menjadi higienis karena buku tutup makanan secara otomatis, sehingga makanan terhindar dari lalat dan debu jadi melindungi kesehatan manusia dari tertular nya penyakit yang dibawa oleh lalat dan juga bakteri dari debu.


Keywords


arduino nano; pengatur buka tutup makanan otomatis; sensor ultrasonik

Full Text:

PDF

References


Ebiezer, R. S., & Supriyanto, R. (2012). Pembuka Pintu Otomatis Menggunakan AVR ATmega8535 dan Sensor PIR. Universitas Gunadarma Depok.

Jayakrista, S. (2011). Perancangan dan Realisasi Pemilah Sampah Anorganik Perkantoran Otomatis Berbasis Mikrokontroler. Universitas Kristen Maranatha.

Nanda Surya, P. (2012). BEL LISTRIK WIRELESS OTOMATIS MENGGUNAKAN SENSOR PASSIVE INFRARED BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/4118/

Setiawan, D., Syahputra, T., & Iqbal, M. (2014). Rancang Bangun Alat Pembuka dan Penutup Tong Sampah Otomatis berbasis Mikrokontroler. JURTEKSI ROYAL Vol 3 No 1, 1.

Sukarjadi, S., Arifiyanto, A., Setiawan, D. T., & Hatta, M. (2017). Perancangan dan Pembuatan Smart Trash Bin di Universitas Maarif Hasyim Latif. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 101-110.

Waskito, E., & Triyono, R. A. (2012). Miniatur Otomatisasi Bel Listrik Dan Pintu Gerbang Sekolah Menggunakan Mikrokontroler Atmega8l. Speed-Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 4(4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



UCaiAJ abstracted & indexed by :  

                    


ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)

Creative Commons License
UCaiAJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


Publisher : LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Address : LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail : ubiquitous@umaha.ac.id
URL : https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous


Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1