SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENGADAAN BAHAN BAKU PEMBUATAN KRIMMER DENGAN METODE MAMDANI

Authors

  • Novyan Indra Wicaksono Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v1i1.7-12

Keywords:

pengadaan bahan baku krimmer, spk, mamdani

Abstract

Sistem pendukung keputusan dangan menggunakan metode mamdani dibuat untuk mengambil keputusan dalam pemesanan bahan baku untuk kebutuhan produksi. karena banyak masalah yang harus dihadapi perusahaan dalam menentukan pemesanan atau pengadaan bahan baku untuk kepentingan produksi periode yang akan dating. Proses pengambilan keputusan untuk pengadaan atau pemesanan bahan baku produksi merupakan permasalahan yang banyak dialami oleh perusahaan kecil dan menengah tidak jarang pun perusahaan besar mengalami masalah yang sama akan hal pengadaan bahan baku untuk produksi, karena pengadaan atau pemesanan bahan baku tersebut merupakan aspek penting menyangkut kepentingan produksi dan pengeluaran keuangan setiap perusahaan. Permasalahan pengambilan keputusan tersebut memerlukan pertimbangan yang matang, dan perlu dilakukan perhitungan yang tepat. untuk mendapatkan data yang tepat tentang prediksi penggunaan bahan baku untuk kebutuhan produksi, maka dibuatlah sebuah sistem yang dapat memprediksi berapa banyak kebutuhan bahan baku yang diperlukan untuk kebutuhan produksi agar tidak banyak bahan yang tersisa yang dapat menimbulkan bahan baku tersebut memasuki masa kadaluarsa / expired dengan menggunakan metode mamdani, sehingga membantu perusahaan untuk mengambil keputusan dalam menentukan jumlah bahan baku yang akan dipesan kepada suplyer, untuk mengetahui prediksi tersebut diperlukan data dari permintaan produksi dan sisa stock bahan baku digudang, serta memerlukan perhitungan yang khusus.

Author Biography

Novyan Indra Wicaksono, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Abrori, M., & Primahayu, A. H. (2016). Aplikasi Logika Fuzzy Metode Mamdani Dalam Pengambilan Keputusan Penentuan Jumlah Produksi. Kaunia: Integration and Interconnection Islam and Science, 11(2), 91–99.

Anam, K., & Choifin, M. (2017). Implementasi Model Four-d (4d) untuk Pembelajaran Aplikasi Multiplatform Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 111–116.

Anam, K., & Sehman. (2017). APLIKASI AGEN CERDAS UNTUK PEMBELAJARAN PEMPROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK BERBASIS NATURAL LANGUAGE PROCESSING (NLP). Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan V.

Hatta, M., Susrama, I. G., Purnama, I. K. E., & Hariadi, M. (2016). Cacah Spermatozoa Menggunakan Background Segmentation dan Boundary Detection. SCAN - Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 67–74.

Iriyanto, M. A. (n.d.). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PRODUKSI JENANG MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY MAMDANI.

Downloads

Published

2018-12-30