PEMBERI PAKAN IKAN OTOMATIS PADA AKUARIUM MENGGUNAKAN ARDUINO UNO DENGAN SMS GATEWAY

Authors

  • Eko Agus Saputro Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v4i2.%25p

Keywords:

pemberi pakan otomatis, rancang bangun, model, sms gateway

Abstract

 Pemberian pakan ikan pada sistem budidaya ikan umumnya masih dilakukan dengan cara ditaburkan menggunakan tangan yang memyebabkan takaran pakan yang diberikan kurang tepat. Salah inovasi yang dilakukan adalah melalui rancang bangun alat pemberi pakan ikan otomatis. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah melalui pendekatan perancangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat pemberi pakan ikan otomatis dilengkapi dengan mengirim pesan sms sebagai petanda pakan ikan pada hopper akan habis. Hasil pengujian alat menunjukkan ketepatan pemberian pakan secara otomatis sebesar 95,90%, ketepatan penambahan jumlah pemberian pakan sebesar 99,46% dan banyaknya pellet yang hancur kurang dari 1%. Dan hasil dari pengujian alat ini bisa membantu untuk melakukan pemberitahuan pada pemilik dalam mengetahui pakan ikan masih ada atau sudah habis dengan mengirim pesan melalui sms.

Author Biography

Eko Agus Saputro, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Arif K. 2010. Penjadwalan Pakan Ikan Otomatis berbasis mikrokontroler ATMega8535. [skripsi] Yogyakata (ID): Sekolah Tinggi Manajemen Informatika.

Astriani. 2016. Rancang Bangun Perangkat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Pada Kolam Pembenihan Ikan Berbasis Arduino. [skripsi] Tanjung Pinang (ID): Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Dedy P, Handarto. 2018. Rancang Bangun Pemberi Pakan Ikan Otomatis Design of Otomatic Fish Feeder. Jurnal Teknotan,. 12(1): 30-35.

Harisantoso. 2015. Cara Kerja Sensor Ultrasonik, Rangkaian, & Aplikasinya. [Internet].[Diunduh 2019 sep 19] https://elangsakti.com/2015/05/sensor-ultrasonik.html.

Recky S & Ahri T. B. 2014. Perancangan Alat Pemberi Makan Ikan Otomatis dan Pemantau Keadaan Akuarium Berbasis Mikrokontroler Atmega8535. Singuda Ensikom.

Sidik M. A. & Zuraiyah T. A. 2016. Dalam penelitian yang berjudul “Model Otomatisasi Alat Pemberian Pakan Pada Ikan Berbasis Sms Gateway”.

Published

2021-12-31