RANCANG BANGUN BUKA TUTUP TEMPAT SAMPAH OTOMATIS BERBASIS ARDUINO UNO DAN GSM SIM 800 L

Authors

  • M Fauzi Fajrin Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v4i2.%25p

Keywords:

manusia, tempat sampah, mikrokontroller, sensor hc-sr04, module sim 800l

Abstract

Manusia merupakan makhluk hidup yang menginginkan segala sesuatu yang tampak bersih dan indah, salah satunya kebersihan lingkungan. Selama ini banyak yang membuang sampah tidak pada tempatnya, karena hampir kebanyakan orang merasa malas ketika ingin membuang sampah pada tempatnya. Rasa malas muncul karena jika ingin membuang sampah pada tempat sampah harus terlebih dahulu membuka tutup tong sampah, itulah yang membuat malas karena tutup tong sampah sangat kotor dan bau,maka mikrokontroler menjadi pilihan pertama karena memiliki kelebihan dalam hal harga, kesederhanaan rangkaian, dan dimensi instumen yang lebih kecil. Mikrokontroler biasa diterapkan pada peralatan elektronik agar peralatan bekerja secara otomatis. Dalam hal ini Penulis merasa bahwa perkembangan mikrokontroler perlu diketahui oleh semua orang yang berkeinginan dalam dunia elektronika. Dalam kesempatan ini penulis mencoba membuat suatu alat menggunakan mikrokontroler untuk tugas akhir dengan beberapa komponen diantaranya sensor jarak untuk mengedalikan putaran motor dc yang akan membuka dan menutup tutup bak sampah secara otomatis. dengan adanya tempat sampah otomatis, diharapkan mengurangi bahaya infeksi kuman, bakteri dan virus yang berasal dari tempat sampah dan membuat orang merasah lebih praktis dan higienis ketika membuang sampah.

Author Biography

M Fauzi Fajrin, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika,Fakultas Teknik

References

Anindya, S. F., & Rachmat, H. H. (2015). Implementasi Sistem Bel Rumah Otomatis berbasis Sensor Ultrasonik. ELKOMIKA: Jurnal Teknik Energi Elektrik, Teknik Telekomunikasi, & Teknik Elektronika, 3(1), 64.

Hatta, M., & Susrama, I. G. (2017). Counting Sperma Aktif Menggunakan Metode Otsu Threshold dan Local Adaptive Threshold. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(1), 47–54. https://doi.org/10.5281/ZENODO.1067713

Kadir, A. (2013). Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler Dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino (I, 1st Published). Retrieved from http://andipublisher.com/produk-1113004964-panduan-praktis-mempelajari-aplikasi-mik.html

Sanjaya, M. (2016). Panduan Praktis Membuat Robot Cerdas Menggunakan ARDUINO dan MATLAB (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Sanjaya, M. (2016). Robot Cerdas, Berbasis Speech Recognititon Menggunakan Matlab Dan Arduino+cd (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Setiawan, D., Syahputra, T., & Iqbal, M. (2014). Rancang Bangun Alat Pembuka dan Penutup Tong Sampah Otomatis berbasis Mikrokontroler. JURTEKSI ROYAL Vol 3 No 1, 1.

Sukarjadi, Arifiyanto, Setiawan, D. T., & Hatta, M. (2017). Perancangan dan Pembuatan Smart Trash Bin di Universitas Maarif Hasyim Latif. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 101–110.

Published

2021-12-31