SISTEM PENGOLAHAN DATA REGISTER AKTA NIKAH DENGAN METODE BINARY SEARCH DAN SELECTION SORT BERBASIS WEB (Studi Kasus KUA Kecamatan Driyorejo)

Authors

  • Kardinah Puspita Sari Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v4i1.53-60

Keywords:

akta nikah, sistem pengolahan data, binary search, selection sort

Abstract

Pernikahan adalah upacara pengikatan yang dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan suatu hubungan untuk membentuk sebuah keluarga yang akan ditempuh bersama-sama baik secara norma agama, hukum, dan sosial. Pengesahan secara hukum biasanya terjadi pada saat dokumen tertulis yang mencatatkan pernikahan ditanda-tangani oleh petugas khusus yang ditunjuk oleh negara. Kemudian dokumen tersebut diarsip dan disimpan sebagai bukti bahwa sebuah pernikahan telah berlangsung. Dokumen yang banyak membuat petugas kebingungan untuk merekap dan mencari data pengantin. Sehingga diperlukan sebuah sistem pengolahan data yang mampu menampung data akta nikah dan membantu petugas dalam pelayanan masyarakat. Pada pengembangan sistem ini dilakukan dengan menggunakan metode Binary  Search untuk pencarian serta pengambilan data tertentu dan metode Selection Sort untuk mengurutkan nomer dalam data akta nikah.

Author Biography

Kardinah Puspita Sari, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Andri, A. (2019). Penerapan Algoritma Pencarian Binary Search dan QuickSort pada Aplikasi Kamus Bahasa Palembang Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 4(1), 70–74. https://doi.org/10.30591/jpit.v4i1.1104

Kustiyahningsih, Y., & Anamisa, D. R. (2011). Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lim, S. (2015). SEARCHING AND SORTING. Batam: Teknik Elektro, Fakultas Teknik Industri, Universitas Internasional Batam.

Menteri Agama RI. Pencatatan Perkawinan. Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 19 Tahun 2018. , (2018).

Religia, Y. (2019). ANALISIS ALGORITMA SEQUENTIAL SEARCH DAN BINARY SEARCH PADA BIG DATA. Pelita Teknologi: Jurnal Ilmiah Informatika, Arsitektur Dan Lingkungan, 14(1). Retrieved from https://jurnal.pelitabangsa.ac.id/index.php/pelitatekno/article/view/232

RMS, A. S. (2019). STRUKTUR DATA DAN ALGORITMA DENGAN C++. Medan: CV. AA. RIZKY.

Sutarman. (2007). Membangun Aplikasi Web dengan PHP & MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widayati, Y. T. (2017). Aplikasi Teknologi Qr (Quick Response) Code Implementasi Yang Universal. KOMPUTAKI, 3(1).

Wiswakarma, K. (2011). Membuat katalog dengan PHP & CSS. Yogyakarta: Lokomedia.

Yahya, S. Y. (2014). Analisa Perbandingan Algoritma Bubble Sort dan Selection Sort Dengan Metode Perbandingan Eksponensial. Pelita Informatika Budi Darma, VI(03), 136–138.

Yulianti, E., & Yanti, F. (2014). PERANCANGAN SISTEM PENGOLAHAN DATA KUTIPAN AKTA NIKAH (KAN) PADA KANTOR URUSAN AGAMA (KUA) PADANG PANJANG BARAT BERBASIS PEMOGRAMAN PHP. Jurnal Teknoif ITP, 2(1), 1–6.

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles