SISTEM PENGAMAN PINTU RUMAH MENGGUNAKAN FINGERPRINT BERBASIS ARDUINO UNO

Ahmad Setiawan, Khairil Anam

Abstract


Pada saat ini keamanan merupakan suatu hal yang sangat penting. Diperhatikan terlebih lagi kegiatan yang dilakukan manusia sehari-hari, hampir sebagian besar mereka lakukan diluar rumah. Pengrusakan dan pembobolan pintu rumah oleh penjahat sering terjadi pada masa kini, maka sistem pengaman perlu ditingkatkan agar dapat terhindar dari tindak kejahatan. Pengamanan menggunakan anak kunci sekarang ini mudah sekali dilumpuhkan oleh tindak kejahatan. Pada diri seseorang terdapat sesuatu yang sangat istimewa yaitu sidik jari tangan yang dapat digunakan sebagai kunci alami. Sidik jari pada setiap manusia sangat unik dan tidak ada yang sama karena terbentuk secara alami sejak proses pembentukan dari embrio. Penelitian ini merancang pembuatan pengaman pintu rumah dengan menggunakan sidik jari. Proses yang dilakukan adalah input sidik jari, identifikasi sampai dengan verifikasi setiap sidik jari yang direkam dalam database. Sensor Fingerprint digunakan sebagai komponen input yang akan diolah oleh Arduino uno. Hasil percobaan dari rancangan ini membuktikan bahwa Solenoid akan bekerja dengan cara maju dan mundur setelah diberikan arus 5 volt. Sehingga pintu rumah dapat dibuka pada saat sensor fingerprint mendeteksi sidik jari yang telah di terdaftar dalam database.


Keywords


sensor fingerprint; arduino uno; solenoid; pintu; sistem pengaman

References


Ade S. R. (2017). Rancang Bangun Sistem Keamanan Rumah Berbasis Arduino Mega 2560. Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer. Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Dickson K. Pengertian Solenoida (Solenoid) Dan Jenis – Jenis Solenoida. (Retrieved From) https://teknikelektronika.com/pengertian-solenoida-cara-kerja-jenis-solenoid/

Hendri. (2013). Pengenalan Arduino Uno. (Retrieved From) https://belajar-dasar-pemrograman.blogspot.com/2013/03/arduino-uno.html

Idris S. (2015). Sistem Pengaman Pintu Rumah Menggunakan Sidik Jari. Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang.

Muhammad A. Pengertian Fingerprint Beserta Fungsi Dan Cara Kerjanya. (Retrieved From) https://www.nesabamedia.com/pengertian-fingerprint

Rio G. P. (2018). Sistem Pengunci Rumah Berbasis Arduino R3 dan Radio Frequency identification diagram (RFID). Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Informatika Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo, Jl. Raya Ngelom Megare No.30, Ngelom, Taman, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61257.

Yudi M. P. S. (2018). Perancangan dan Pembuatan Sistem Keamanan Rumah Menggunakan SMS Gateway Berbasis Mikrokontroller Arduino ATMega2560. Fakultas Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi Universitas Sumetera Utara Medan.

Chugh, A. (2008). Android RecyclerView Drag and Drop. Retrieved 10 17, 2019, from Android RecyclerView Drag and Drop: https://www.journaldev.com/23208/android-recyclerview-drag-and-drop

Corry Fico Very Zian, M. A. H. A. S. I. S. W. A. (2015). EKSPLORASI GAMEPLAY PADA PERMAINAN THE SIMS 3 KARIR (Doctoral dissertation, Fakultas Teknik Unpas).

FAUZY, A. N. (2014). KAMUS OBAT BERBASIS ANDROID MEDICINE’S DICTIONARY ANDROID BASED (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO).

GeeksforGeeks. (2017). Shuffle a given array using Fisher-Yates shuffle Algorithm. Retrieved 10 28, 2019, from Shuffle a given array using Fisher-Yates shuffle Algorithm:https://www.geeksforgeeks.org/shuffle-a-given-array-using-fisher-yates-shuffle-algorithm/

Google inc. (2020). Firebase Product. Retrieved 01 10, 2020, from Firebase Product: https://firebase.google.com/docs

Hasan, M. A., Supriadi, S., & Zamzami, Z. (2017). Implementasi Algoritma Fisher-Yates Untuk Mengacak Soal Ujian Online Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus: Universitas Lancang Kuning Riau). Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 3(2), 291-298.

K. Anam and C. M, “Implementasi Model Four-d (4d) untuk Pembelajaran Aplikasi Multiplatfrom Penggolongan Hewan Berdasarkan Makanannya.”Teknika Engineering and Sains Journal, vol. 1, no. 2, pp. 111-116, 2017

Kurniawati, P. (2018). Pengujian Sistem. Retrieved 3 24, 2020, from Pengujian Sistem: https://medium.com/skyshidigital/pengujian-sistem-52940ee98c77/

Mahmudin, D. S., No, J. M. Y., & Babakan, K. T. (2018). Analisa Perancangan Sistem Quiz Online Berbasis Web Pada SMA Arif Rahman Hakim Kota Tangerang Selatan. UNISTEK, 5(2), 1-9.

Materi Dosen. (2017). Use Case Diagram, Lengkap Studi Kasus dan Contoh Use Case. Retrieved 01 10, 2020, from Use Case Diagram, Lengkap Studi Kasus dan Contoh Use Case: http://www.materidosen.com/2017/04/use-case-diagram-lengkap-studi-kasus.html

Rayhan, Muhammad. (2016). Berbagi Pengalaman Menggunakan Firebase dalam membantu pengembangan Android Apps. Retrieved 01 10, 2020, from Berbagi Pengalaman Menggunakan Firebase dalam membantu pengembangan Android Apps: https://medium.com/@md_ray/berbagi-pengalaman-menggunakan-firebase-dalam-membantu-pengembangan-android-apps-42421cf15a20

Team, Dewaweb. (2019). Entity Relationship Diagram (ERD): Apa dan Bagaimana Membuatnya? Retrieved 01 10, 2020, from Entity Relationship Diagram (ERD): Apa dan Bagaimana Membuatnya?: https://www.dewaweb.com/blog/entity-relationship-diagram




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/ucaiaj.v4i2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ubiquitous: Computers and its Applications Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UCaiAJ abstracted & indexed by :  

       


ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)

Creative Commons License
UCaiAJ  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher: LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Address: LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: ubiquitous@umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous


Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1