RANCANG BANGUN APLIKASI KUIS INTERAKTIF ONLINE MENGGUNAKAN METODE FISHER YATES BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v4i1.47-52Keywords:
android, fisher yates kuis, game kuis, kuis interaktif, pengacakan soal kuisAbstract
Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah membawa dampak positif dalam dunia pendidikan, salah satunya yaitu dihasilkannya media-media pembelajaran yang dianggap lebih menunjang dan efektif untuk kegiatan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang bisa dipakai adalah Game Kuis Interaktif. Game Kuis interaktif merupakan salah satu media penunjang pembelajaran yang berisi materi pelajaran dalam bentuk soal-soal latihan. Game Kuis interaktif ini memungkinkan peserta didik untuk meningkatkan pemahaman akan materi pelajaran. Dalam penggunaanya diperlukan perangkat lain untuk menjalankannya Seperti Komputer, Android, maupun Web Browser. Android adalah sebuah sistem operasi untuk perangkat mobile berbasis linux yang mencakup sistem operasi, middleware, dan aplikasi. Di dunia ini terdapat dua jenis distributor Sistem Operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GSM) dan kedua adalah yang benar-benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD). Pada saat ini kebanyakan vendor-vendor smartphone sudah memproduksi smartphone berbasis android, antara lain HTC, Motorola, Samsung, LG, Sony Ericsson, Acer, Nexus, Nexian, IMO, dan masih banyak lagi vendor smartphone di dunia yang memproduksi android.
References
Anam, K., & Choifin, M. (2017). IMPLEMENTASI MODEL FOUR-D (4D) UNTUK PEMBELAJARAN APLIKASI MULTIPLATFORM PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN MAKANANNYA. Teknika: Engineering and Sains Journal, 1(2), 111. https://doi.org/10.51804/tesj.v1i2.132.111-116
Chugh, A. (2008). Android RecyclerView Drag and Drop. Retrieved February 25, 2019, from https://www.journaldev.com/23208/android-recyclerview-drag-and-drop
Fauzy, A. N. (2014). Kamus Obat Berbasis Android Medicine’s Dictionary Android Based. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
GeeksforGeeks. (2017). Shuffle a given array using Fisher–Yates shuffle Algorithm. Retrieved February 25, 2019, from https://www.geeksforgeeks.org/shuffle-a-given-array-using-fisher-yates-shuffle-algorithm/
Google Developers. (2020). Dokumentasi | Firebase. Retrieved February 25, 2020, from https://firebase.google.com/docs
Hartono, T. (2019). Entity Relationship Diagram (ERD): Apa dan Bagaimana Cara Membuatnya? Retrieved February 25, 2020, from https://www.dewaweb.com/blog/entity-relationship-diagram/
Hasan, M. A., Supriadi, S., & Zamzami, Z. (2017). Implementasi Algoritma Fisher-Yates Untuk Mengacak Soal Ujian Online Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Lancang Kuning Riau). Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 291–298. https://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v3i2.2017.291-298
Kurniawati, P. (2018). Pengujian Sistem. Pengujian sistem adalah pengujian…. Retrieved February 25, 2019, from https://medium.com/skyshidigital/pengujian-sistem-52940ee98c77
Mahmudin, & Sujana, D. (2018). Analisa Perancangan Sistem Quiz Online Berbasis Web Pada SMA Arif Rahman Hakim Kota Tangerang Selatan. UNISTEK, 5(2), 1–9. https://doi.org/10.33592/unistek.v5i2.291
MateriDosen. (2017). Use Case Diagram, Lengkap Studi Kasus dan Contoh Use Case. Retrieved February 25, 2019, from https://www.materidosen.com/2017/04/use-case-diagram-lengkap-studi-kasus.html
Rayhan, M. (2016). Berbagi Pengalaman Menggunakan Firebase dalam membantu pengembangan Android Apps. Retrieved February 25, 2019, from https://md-ray.medium.com/berbagi-pengalaman-menggunakan-firebase-dalam-membantu-pengembangan-android-apps-42421cf15a20
Zian, C. F. V. (2015). EKSPLORASI GAMEPLAY PADA PERMAINAN THE SIMS 3 KARIR. Fakultas Teknik Unpas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
With the receipt of the article by UCaiAJ Editorial Board and the decision to be published, the copyright regarding the article will be transferred to UCaiAJ. The copyright transfer form can be downloaded here.
UCaiAJ has the right to multiply and distribute the article and every author is not allowed to publish the same article that was published in this journal.
UCaiAJ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Under the following terms:
Attribution — You must give appropriate credit, provide a link to the license, and indicate if changes were made. You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
ShareAlike — If you remix, transform, or build upon the material, you must distribute your contributions under the same license as the original.