APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA KERUSAKAN PADA AC MOBIL MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID

Authors

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v4i2.%25p

Keywords:

aplikasi service ac mobil, forward chaining, ac mobil, komponen ac mobil, rule-based, sistem pakar

Abstract

Sistem penyejuk udara atau AC adalah merupakan kebutuhan yang tergolong penting dan sudah menjadi perangkat standar bagi pengendara yang harus ada disetiap mobil. Karena AC mampu memberikan udara yang sejuk, mengatur kelembapan didalam ruangan mobil yang tertutup dan mampu menjaga kebersihan didalam ruangan. Oleh karena itu perawatan rutin sangat perlu dilakukan supaya AC mobil selalu dalam kondisi prima. Sehingga jika sewaktu-waktu mobil digunakan tetap dapat memberikan udara sejuk yang optimal. Aplikasi sistem pakar ini dirancang untuk memudahkan dalam mendiagnosa kerusakan pada AC mobil. User berkonsultasi terhadap masalah yang dialami dengan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh sistem. Aplikasi sistem pakar ini dibangun untuk dapat mendiagnosa kerusakan pada AC mobil berdasarkan gejala yang dialami. Adanya program aplikasi ini sangat membantu dalam mendiagnosa kerusakan pada AC mobil serta memberikan solusi penanganan. Aplikasi sistem pakar ini dikembangkan menggunakan metode Forward Chaining.

Author Biographies

Rezy Budi Pratama, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika

Moch Hatta, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Komputer, Fakultas Teknik

References

Susilo, T. (2018). SISTEM PAKAR DETEKSI SUMBER KERUSAKAN AC PADA KENDARAAN BERMOTOR (MOBIL) DENGAN METODE FORWARD CHAINING (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Afnur, R., Sriwahyuni, T., & Hadi, A. (2017). Rancang bangun aplikasi sistem pakar untuk diagnosis kerusakan sepeda motor matic menggunakan metode forward chaining. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika dan Informatika, 5(1).

Zarkasih, M. F. (2019). DIAGNOSA PENYAKIT GINJAL DENGAN METODE DEMPSTER BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS RSUD PLOSO JOMBANG). Sidoarjo

Supartini, W., & Hindarto, H. (2016). Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining Dalam Mendiagnosa Dini Penyakit Tuberkulosis Di Jawa Timur. Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control, 1(3), 147-154.

Kurniawan, S., & Merlina, N. (2015). Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Untuk Mendiagnosa Kerusakan Mobil Daihatsu Ayla. Jurnal Pilar Nusa Mandiri, 11(2), 197-202.

Fitriana, I. N. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosis Kerusakan Mobil Isuzu Panther Menggunakan Metode Backward Chaining Berbasis Android.

Syam, A. F., & Iskandar, K. (2019). Sistem Pakar Berbasis Android untuk Diagnosa Kerusakan Mobil dengan Metode Forward Chaining. Jurnal Ilmiah INTECH: Information Technology Journal of UMUS, 1(02), 43-50.

Bram Service (2019,April 7). Mari Mengenal Komponen AC Pada Mobil Anda. Retrieved from Bram Service: http://www.bramservice.com/mari-mengenal-komponen-ac-pada-kendaraan-anda.htm

Published

2021-12-31