PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI MASTER FORMULA BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN METODE SELECTION SORT

Authors

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v4i1.31-36

Keywords:

android studio, aplikasi, open source, selection sort

Abstract

CV Tunggal jaya Mandiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang furniture. Produk-produk yang diproduksi antara lain lemari empat pintu, lemari tiga pintu, lemari dua pintu, meja kerja, meja belajar, rak sepatu, rak serbaguna, dan sebagainya. Permasalahan dalam topik ini yaitu bagaimana agar produksi dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai spec bor dan packing secara praktis, oleh karena itu pada penelitian ini membuat aplikasi master formula berbasis android. Alasan membuat aplikasi ini karena sering hilangnya file spec bor dan packing yang berada di produksi, dan juga saat ini orang-orang lebih mengandalkan smartphone untuk melakukan beberapa aktifitas. Produksi dapat menginputkan beberapa data untuk nantinya akan direspon oleh server secara otomatis dan akan dikirimkan detail produknya. Metode pengembangan aplikasi yang akan digunakan untuk merancang aplikasi ini adalah metode Selection Sort. Pada tahap implementasi, pada sisi aplikasi yang akan dibangun menggunakan bahasa pemrograman Java, Software Development Kit (SDK), dan Android Studio dengan text editor yang digunakan adalah Visual Code Studio. Pada sisi server menggunakan xampp v3.2.4 dan database yang digunakan adalah MySQL dengan menggunakan phpMyAdmin sebagai database managernya.

Author Biographies

Tifany Febry Nurlaili Aisyah, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika

Moch. Hatta, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Komputer, Fakultas Teknik

References

Benardo, Mesterjon, & Zulita, L. N. (2015). Implementasi Metode Selection Sort untuk Menentukan Nilai Prestasi Siswa Kelas 3 dan Kelas 4 SD Negeri 107 Seluma. Jurnal Media Infotama, 11(1).

Cholifah, R. (2016). Pembuatan Lembar Kerja Siswa Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Produktif Multimedia Kelas XI Di SMKN 1 Driyorejo. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 1(02).

Desmira, Aribowo, D., & Oktavia, P. (2014). PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN BANGUN DATAR DAN RUANG UNTUK SEKOLAH DASAR MENGGUNAKAN ANDROID. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 1.

Hakim, Z. F. (2017). Implementasi Metode Selection Sort Untuk Menentukan Barang Yang Harus Di Stok Ulang Dalam Sistem Informasi Penjualan. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 1(1), 18–26.

Kadir, A. (2011). Konsep dan Implementasi Struktur Data dalam Pemrograman Delphi. Yogyakarta: Andi.

Rahayuningsih, P. A. (2016). Analisis Perbandingan Kompleksitas Algoritma Pengurutan Nilai (Sorting). EVOLUSI: Jurnal Sains Dan Manajemen, 4(2).

Supriyono, H., Saputra, A. N., Sudarmilah, E., & Darsono, R. (2014). RANCANG BANGUN APLIKASI PEMBELAJARAN HADIS UNTUK PERANGKAT MOBILE BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika, 8(2). https://doi.org/10.26555/jifo.v8i2.a2057

Widayanto, A. (2017). RANCANG BANGUN APLIKASI KATEGORI BAHASA UNTUK TUNA WICARA BERBASIS ANDROID. Evolusi : Jurnal Sains Dan Manajemen, 5(2). https://doi.org/10.31294/evolusi.v5i2.2845

Yahya, & Sofyansyah, Y. (2014). Analisa Perbandingan Algoritma Bubble Sort dan Perbandingan Eksponensial. Pelita Informatika Budi Darma, VI(3).

Downloads

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles