PENERAPAN APLIKASI AUGMENTED REALITY UNTUK MENENTUKAN SEPATU MENURUT UKURAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE MARKERLESS

Enggar Herlambang, Bayu Charisma Putra

Abstract


Setiap individu selalu ingin tampil sebaik mungkin di depan publik, Salah satu tampilan (outfit) yang menjadi perhatian adalah pengguna sepatu. Masing-masing individu memiliki cara tersendiri untuk memenuhi kebutuhannya, seperti berbelanja di toko ataupun secara online. Dengan ketidaktahuan pembeli dalam berbelanja secara online dapat mengakibatkan kesalahan dalam pemilihan ukuran sepatu yang sesuai ukuran kaki. Oleh karena itu perlu membangun sebuah sistem yang dapat membantu para pembeli untuk mengetahu ukuran sepatu yang selaras dengan ukuran kaki. Dengan menerapkan Augmented Reality (AR) pada sistem sebagai salah satu solusi dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Teknik pengukuran yang digunakan antara lain adalah menggunakan metode Markerless. Perangkat lunak yang digunakan untuk membangun Aplikasi Pengukuran Sepatu adalah Unity dan Vuforia. Berdasarkan pengujian yang dilakukan sistem yang dibangun dapat menyelesaikan masalah yang ada pada sistem lama.


Keywords


android; augmented reality; sepatu; pengukuran; teknologi

Full Text:

PDF

References


Azuma, R. T. (1997). A survey of augmented reality. Presence: Teleoperators & Virtual Environments, 6(4), 355–385.

Mahendra, I. B. M. (2016). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN UNITY 3D DAN VUPORIA SDK. JIK : Jurnal Ilmu Komputer, 9(1), 1–5. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/jik/article/download/26341/16782

Noor, I. F., Tolle, H., & Wardhono, W. S. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Augmented Reality Pemilihan Sepatu Berdasarkan Ukuran Kaki Pengguna. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer E-ISSN, 2(4).

Oktavia, C. A., Setiawan, R. F., & Christianto, A. (2019). Perancangan Aplikasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Ruangan Menggunakan Marker 3D Objects Tracking. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Asia, 13(1).

Purnomo, A., & Haryanto, H. (2012). APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALAT PENGUKUR BAJU WISUDAWAN WISUDAWATI DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. SEMANTIK, 2(1).

Rachmanto, A. D. (2018). Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Promosi Universitas Nurtanio Bandung Menggunakan Unity 3D. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 8(1).

Rio, U., Erlinda, S., & Haryono, D. (2016). Implementasi Model Mobile Augmented Reality e-Booklet untuk Mempromosikan Object Wisata Unggulan Provinsi Riau dengan metode 3D Object Tracking. INOVTEK Polbeng-Seri Informatika, 1(2), 177–191.

Saurina, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran untuk anak usia dini menggunakan augmented reality. Jurnal Iptek, 20(1), 95–108.

Suarga. (2012). ALGORITMA dan PEMROGRAMAN. Yogyakarta: Andi.

Vitono, H., Nasution, H., & Anra, H. (2016). Implementasi Markerless Augmented Reality Sebagai Media Informasi Koleksi Museum Berbasis Android (Studi Kasus: Museum Kalimantan Barat). JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 4(2), 239–245.

Wijaya, I. S. (2017). Rancangan Prototype Aplikasi Teknologi Augmented Reality (AR) Pengenalan Monumen Bersejarah di Kota Jambi dengan Menggunakan Patern Recognition Metode Natural Feature Tracking (NFT) Secara Real Time. Seminar Nasional Teknologi Informasi. Retrieved from http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_454081882733.pdf

Zuono, T. T., Hatta, M., Kurniawan, C., Sugiarto, I., Anggraini, M., Purwadi, A., … Souisa, F. (2019). Build design introduction to university profiles using the logo with the augmented reality method. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1), 12115. IOP Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/ucaiaj.v4i2.61-66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ubiquitous: Computers and its Applications Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UCaiAJ abstracted & indexed by :  

       


ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)

Creative Commons License
UCaiAJ  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher: LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Address: LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: ubiquitous@umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous


Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1