IDENTIFIKASI TOKOH PADA CITRA WAYANG KULIT MENGGUNAKAN METODE CONVOLUTIONAL NEURAL NETWORK BERBASIS ANDROID

Afta Dizca Wahana, Isturom Arif, Moch. Hatta

Abstract


Wayang Kulit adalah sebuah seni pertunjukkan Indonesia yang telah diakui dunia karena keunikan yang dimilikinya. UNESCO juga telah menobatkan wayang sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Namun pertunjukkan Wayang Kulit sekarang tergantikan dengan seni pertunjukan modern, seperti orkestra, layar lebar atau konser. Sehingga semakin banyak generasi muda yang tidak mengetahui tokoh-tokoh yang ada di perwayangan. Untuk itu penulis membuat aplikasi untuk mengidentifikasi wayang kulit dengan tujuan untuk melestarikan kesenian wayang dan mengenalkan ke generasi muda. Selain itu juga untuk memudahkan pecinta wayang kulit untuk mengenali wayang kulit. Metode yang digunakan dalam identifikasi wayang kulit ini adalah Convolutional Neural Network. Aplikasi dibuat berbasis Android sehingga mudah dibawa dan mudah digunakan. Pada akhirnya aplikasi ini diharapkan dapat dipakai oleh semua kalangan masyarakat.


Keywords


android; convolutional neural network; cnn; identifikasi; wayang kulit

References


Suyanto, K. N. Ramadhani, and S. Mandala, DEEP LEARNING : Modernisasi Machine Learning Untuk Big Data. 2019.

C. Liao, H. Chen, Y. Sun, and H. Ding, “An Analysis of Single-Layer Networks in Unsupervised Feature Learning Adam,” Qiche Gongcheng/Automotive Eng., vol. 24, no. 2, p. 130, 2002.

T. Nurhikmat and T. Purwaningsih, “Implementasi Deep Learning Untuk Image Classification Menggunakan Algoritma Convolutional Neural Network (Cnn) Pada Citra Wayang Golek,” Universitas Islam Indonesia, 2018.

I. Goodfellow, Y. Bengio, and A. Courville, Deep Learning (Adaptive Computation and Machine Learning series). 2016.

L. Perez and J. Wang, “The Effectiveness of Data Augmentation in Image Classification using Deep Learning,” 2017, [Online]. Available: http://arxiv.org/abs/1712.04621.

M. R. Sudibyoprono, Suwandono, Dhanisworo, Ensiklopedi wayang purwa. Jakarta: Balai Pustaka, 1991.

M. Prijo, Wayang Kulit Gaya Yogyakarta : Bentuk dan Ceritanya. Jakarta: Balai Pustaka, 2004.

Suyanto, Machine Learning Tingkat Dasar dan Lanjut. Bandung: Informatika, 2018.

A. P. Setia and R. Magdalena, “Implementasi Deteksi Wayang Kulit Berbasiskan Platform Android,” vol. 1, no. 1, pp. 372–379, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/ucaiaj.v4i2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ubiquitous: Computers and its Applications Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UCaiAJ abstracted & indexed by :  

       


ISSN 2622-7983 (online)
ISSN 2622-7746 (print)

Creative Commons License
UCaiAJ  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher: LPPM Universitas Maarif Hasyim Latif

Address: LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: ubiquitous@umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/ubiquitous


Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1