SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT TUBERCULOSIS (TBC) DENGAN METODE FORWARD CHAINING

Authors

  • Achmad Ainul Yaqin Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Sehman Sehman Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v4i2.%25p

Keywords:

forward chainung, sistem pakar, tbc, tuberculosis

Abstract

Perkembangan teknologi telah membukaamata dunia akan sebuah dunia baru. Untuk membantu kerja manusia para ahli di dorong untuk mengembangkan komputer bahkan melebihi kemampuan kerja manusia. Tujuan peneitian ini untuk mengetahui dan  mediagnosa penyakit Tuberculosis (TBC) dengan Sistem Pakar mengunakan metode forward chaining. Objek penelitian adalah sistem pakar diagnosa tuberculosis (TBC). Metode analisis data yang mengunakan Forward Chaining dengan teknik analisis mengunakan Hp android dengan berdasarkan pengujian sistem Rule. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa untuk mendiagnosa penyakit TBC dengan metode ini dapat, disimpulkan, sebagai berikut, : Aplikasi ini dapat  membantundannmempercepatnkerjandokterndalam melakukan diagnosa awal. Dari pengujian yang dilakukan bahwa sistem pakar diagnose penyakit Tuberculosis ini dapat diterapkan dan diterima oleh pengguna dengan adanya aplikasi ini akan mempermudah orang awam untuk mendiagnosa penyakit Tuberculosis dan cara penanggulangannya. Implementasi dalam inferensi menggunakan forward chaining sehingga, dapat, dengan, mudah, mengetahui gejala yang dialami pasien dalam mendiagnosa penyakit Tuberculosis.

Author Biographies

Achmad Ainul Yaqin, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika

Sehman Sehman, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika

References

Dahria, Muhammad. 2012. Implementasi, Inferensi Backward, Chaining, untuk, mengetahui kerusakan, monitor, komputer., Medan: STMK Triguna Dharma.

Erhet, Rudi. 2012.Sistem Pakar Mendiagnosa Penyakit Kulit.Universitas Islam Indragiri:Tembilahan.

Fadhilah, A.N., Dini Destiani, dan Dhami Johar. 2012. Perancangan, aplikasi, sistem, pakar, penyakit kulit,pada, anak, dengan ,metode, expert, system development, life, cycle., Jurnal Algoritma, ISSN. 2302-7339, Vol. 09, No.13.

Hartati, Sri dan Sari Iswanti.2008. Sistem Pakar dan Pengembangannya. Graha Ilmu:Yogyakarta.

Lempao, Conny Theodora. 2011. Sistem, pakar, untuk mendiagnosa, kecendrungan ,prilaku, abnormal., Yogyakarta: Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM.

Maradesa, Edar. 2012. Penerapan, metode, backward chaining, untuk, diagnosa, penyakit, katarak., Gorontalo: Universitas Negeri Gorontalo.

Minarni, dan, Rahmat ,Hidayat. ,2013. Rancang, bangun aplikasi, sistem, pakar, untuk, Kerusakan Komputer dengan Metode Backward Chaining. Jurnal TEKNOIF, Vol.1, No.1.

Nurmala Mukhtar, Samsudin. 2014. Sistem pakar diagnosa dmpak pengguna softlens menggunakan metode backward chaining. Riau : Universitas Islam Indragir.

Published

2021-12-31