SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN JUMLAH PRODUKSI DALAM SATU HARI MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO BERBASIS ANDROID

Awang Andhyka, Nisaul Muashomah, Hendra Putra

Abstract


Dalam perusahaan khususnya bagian produksi, seringkali tidak mengetahui hasil dari produksi hari ini. Hasil produksi dipengaruhi oleh banyak faktor, contohnya karyawan tidak masuk dan mesin rusak. Dari kasus tersebut, penulis membuat aplikasi prediksi jumlah produksi dengan  jumlah karyawan tidak masuk dan jumlah mesin rusak menjadi variabelnya. Aplikasi ini dibuat dengan menggunakan platform android. Metode Tsukamoto adalah sebuah metode untuk mengambil sebuah keputusan. Pada tahap menentukan keputusan pada metode Tsukamoto yaitu satu: masukan tegas (crips) menjadi variabel linguistik, dua: aturan fuzzy, tiga: analisis logika, empat: penegasan (defuzzyfikasi), lima: penarikan sebuah kesimpulan dan yang terakir interpretasi hasil. Metode Tsukamoto dipilih karena memiliki aturan dengan merepresentasikan logika fuzzy yang dapat menghasilkan jumlah produksi cat. Metode Tsukamoto digunakan dalam menentukan jumlah produksi berdasarkan karyawan tidak masuk dan jumlah mesin yang rusak. Karyawan tidak masuk dan mesin rusak adalah variabel yang direpresentasikan dalam fungsi keanggotaan fuzzy.


Keywords


fuzzy; produksi; prediksi; tsukamoto

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, G. (2011). Penerapan Metode Tsukamoto (Logika Fuzzy) dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan (Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/1790/

Agustin, V. R. (2015). Aplikasi pengambilan keputusan dengan metode Tsukamoto pada penentuan tingkat kepuasan pelanggan: Studi kasus di Toko Kencana Kediri (Jurusan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/6514/

Hansun, S., Kristanda, M. B., & Saputra, M. W. (2018). Pemrograman Android Dengan Android Studio IDE. Yogyakarta: Andi.

Kaswidjanti, W., Aribowo, A. S., & Wicaksono, C. B. (2014). Implementasi Fuzzy Inference System Metode Tsukamoto Pada Pengambilan Keputusan Pemberian Kredit Pemilikan Rumah. Telematika: Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 10(2). Retrieved from http://jurnal.upnyk.ac.id/index.php/telematika/article/download/281/243

Risanty, R. D., Meilina, P., & Hasni, N. A. (2016). Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Prediksi Jumlah Produksi dan Tenaga Kerja Menggunakan Metode Fuzzy Sugeno. Prosiding Semnastek 2016. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Soraya, S. (2014). Implementasi Metode Tsukamoto dalam Menentukan Jumlah Pembibitan Kelapa Sawit Berdasarkan Data Persediaan dan Jumlah Permintaan (Studi Kasus : Pusat Penelitian Kelapa Sawit). STMIK Budi Darma Medan.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/tesj.v4i2.790.63-70

Copyright (c) 2020 Teknika : Engineering and Sains Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TESJ abstracted & indexed by :

                      


Publisher: Faculty of Engineering, Universitas Maarif Hasyim Latif

Address: LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: teknika@ft.umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika


ISSN: - 2579-5422 (online)
ISSN:2580-4146 (print)

Creative Commons License
TESJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1