PENGARUH DIGITAL MARKETING, PROFITABILITY, LITERASI KEUANGAN, DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI LAT (LOBSTER AIR TAWAR) DI INDONESIA

Authors

  • Siti Muhimatul Khoiroh Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya http://orcid.org/0000-0003-3404-6827
  • Siti Mundari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Roikan Sofianto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ajeng Septiana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v3i2.473.71-76

Keywords:

digital marketing, keputusan investasi, literasi keuangan, lobster air tawar, personal income, profitabilitas

Abstract

Budidaya Lobster Air Tawar (LAT) merupakan komoditi baru dalam bisnis komoditi perikanan hias maupun konsumsi. Lobster jenis redclaw (Cherax quadricarinatus) merupakan jenis bisnis investasi yang tumbuh semakin pesat di Indonesia sejak munculnya Permen Kelautan dan Perikanan No.56/Permen-KP/2016. Tingginya permintaan yang tidak diimbangi dengan ketersediaan supply lobster air tawar jenis redclaw yang dikenal mudah dan cepat menyebabkan lambatnya perkembangan pegiat loster dibandingkan dengan besarnya pangsa pasar baik dalam maupun luar negri. Oleh karena itu diperlukan strategi, langkah-langkah serta analisis terkait faktor-faktor apa yang menjadikan minat masyarakat dalam pengambilan keputusan investasi bidang budidaya LAT. Pembuatan model analisis faktor melibatkan faktor digital marketing, literasi keuangan, pendapatan, serta profitabilitas, dan keputusan investasi beserta indikator-indikator variabel dalam sebuah model analisis SEM menggunakan CFA (Confirmatory Factor Analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor profitabilitas atau tingkat keuntungan yang akan diperoleh dengan nilai loading factor sebesar 0,74 dengan indikator utama yaitu rasio pengembalian modal (P1) sebesar 1,00.

Author Biographies

Siti Muhimatul Khoiroh, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Teknik Industri, Fakultas Teknik

Siti Mundari, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Teknik Industri, Fakultas Teknik

Roikan Sofianto, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Teknik Industri, Fakultas Teknik

Ajeng Septiana, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Teknik Industri, Fakultas Teknik

References

Afni, K. (2008). Analisis Kelayakan Pengusahaan Lobster Ait Tawar (Kasus K’BLAST’S Farm, Kec. Gunung Guruh, Kab. Sukabumi, Jawa Barat), 1–104.

Azmi, M. U. (2016). Pengaruh Program Komunikasi pada Digital Marketing dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Situs Lazada.co.id (Survey pada Forum Kaskus).

Brealey, Myers, M. (2009). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (5th ed.). Erlangga.

Christanti, Natalia., Mahastanti, L. A. (2011). Faktor-Faktor yang Dipertimbangkan Investor dalam Melakukan Investasi. Jurnal Manajemen Teori Dan Tearapan, 4(3), 37–51.

Endiana, I. D. M. (2017). Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Investasi dengan Grwoth Opportunity sebagai Moderating Variabel. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 2.

Herawati, N. T. (2015). Kontribusi pembelajaran di perguruan tinggi dan literasi keuangan terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3), 60–70.

Juniawan, Jefri Eko ; Kusuma, A. A. G. A. E. (2017). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Customer Switching dari Taksi Konvensional ke Taksi Online. E-Jurnal Manajemen Unud, 6(10), 5460–5488.

Kurniasih, T. (2008). Lobster Air Tawar (Parastacidae: Cherax), Aaspek Biologi, Habitat, Penyebaran, dan Potensi Pengembangannya. Media Akuakultur, 3(1), 31–35.

Lopus, J. S., Amidjono, D. S., & Grimes, P. W. (2019). Improving Financial Literacy of the Poor and Vulnerable in Indonesia: An Empirical Analysis. Biochemical Pharmacology, 100168. https://doi.org/10.1016/j.iree.2019.100168

Malik, A. D. (2017). Analisa Faktpr-Faktor yang Mempengaruhi Minat Masyarakat Berinvestasi di Pasar Modal Syariah Melalui Bursa Galeri Investasi UISI. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(1), 61–84.

Ratnasari, J. T. (2017). Jurnal Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang yang Terdaftar di BEI.

Rochmah, N. (2016). Pengaruh Soft Skill Staf Perpustakaan Terhadap Pelayanan Prima di Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, XII(2), 144–149.

Septyanto, Dihin., Adhikara, M. F. A. (2013). Perilaku Investor Individu dalam Pengambilan Keputusan Investasi Sekuritas di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Skagerlund, K., Lind, T., Strömbäck, C., Tinghög, G., & Västfjäll, D. (2018). Financial literacy and the role of numeracy – How individuals’ attitude and a ffi nity with numbers in fl uence fi nancial literacy. Journal of Behavioral and Experimental Economics, 74(August 2017), 18–25. https://doi.org/10.1016/j.socec.2018.03.004

Suhana. (2019). Lobsternomics (2) : Kinerja Ekspor Lobster Triwulan 1 2019. Retrieved from https://suhana.web.id/2019/05/07/lobsternomics-2-kinerja-ekspor-lobster-triwulan-1-2019/

Downloads

Published

2019-12-31