IMPLEMENTASI ALGORITMA A* (A Star) PADA NPC (NON-PLAYABLE CHARACTER) GAME PACMAN MENGGUNAKAN GAME ENGINE UNITY 5 BERBASIS ANDROID

Fawaidul Badri, Muhammad Farih Al Habib

Abstract


Memainkan game merupakan salah satu cara membuang stress pikiran pada saat tertentu ketika seseorang membutuhkan. Smartphone merupakan perangkat modern yang memiliki banyak developer aplikasi, salah satunya adalah developer game. Sebelum munculnya smartphone, terlebih dahulu muncul game-centre yang banyak diminati oleh masyarakat, mulai dari muda hingga tua, dan bahkan kaum hawa pun ikut tertarik. Pacman merupakan salah satu nama game terkenal pada tahun 1980-an, yang saat ini juga dikembangkan ke platform android. Dalam penelitian ini dilakukan implementasi algoritma A* kepada NPC Ghost yang akan mengejar dan memburu pacman dalam labirin hingga nyawa pacman habis dan game over. Dilakukannya implementasi algoritma A* adalah agar ghost dapat menemukan jalur tercepat ke pacman agar permainan terasa lebih intense.


Keywords


pacman; a*; a star; unity; c#; c sharp

Full Text:

PDF

References


Reddy, H. (2013). PATH FINDING - Dijkstra’s and A* Algorithm’s. International Journal in IT and Engineering.

Tilawah, H. (2011). Penerapan Algoritma A-star ( A *) Untuk Menyelesaikan Masalah Maze. Jurnal Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung, 1–5.

Widodo, W., & Ahmad, I. (2018). Penerapan Algoritma A Star (A*) pada Game Petualangan Labirin Berbasis Android. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(2), 57. https://doi.org/10.23917/khif.v3i2.5221

Zikky, M. (2017). Review of A* (A Star) Navigation Mesh Pathfinding as the Alternative of Artificial Intelligent for Ghosts Agent on the Pacman Game. EMITTER International Journal of Engineering Technology, 4(1), 141–149. https://doi.org/10.24003/emitter.v4i1.117




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/tesj.v4i2.295.49-56

Copyright (c) 2020 Teknika : Engineering and Sains Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TESJ abstracted & indexed by :

                      


Publisher: Faculty of Engineering, Universitas Maarif Hasyim Latif

Address: LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: teknika@ft.umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika


ISSN: - 2579-5422 (online)
ISSN:2580-4146 (print)

Creative Commons License
TESJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1