EFFICENCY : ELECTRIC SMART CHAIR SEBAGAI INTELLIGENT TRANSPORT UNTUK EFISIENSI PENARIKAN TIKET PENUMPANG KERETA

Authors

  • Setya Wahyu Priyadi Universitas Trunojoyo Madura
  • Rachmad Hidayat Universitas Trunojoyo Madura
  • Koko Joni Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v2i2.281.125-130

Keywords:

arduino, barcode scanner, efisien, intellegent transport system, kereta, motor servo

Abstract

Electric smart chair merupakan suatu alat yang digunakan untuk membantu petugas PT. KAI dalam hal penarikan dan pengecekan tiket penumpang kereta api sehingga waktu penarikan dan pengecekan data sesuai dengan database penumbang terbukti lebih efisien dan valid. Sebagai pengembangan alat ini memanfaatkan konsep intellegent transport system untuk mempermudah perbaikan sebuah sistem. Sistem kerja alat ini memanfaatkan beberapa komponen penting seperti barcode scanner, arduino, motor servo dan lampu LED serta Delphi dan Arduino sebagai perangkat lunak pendukungnya. Sistem kerja alat ini dimulai dari penumpang memesan tiket kereta dengan memasukan input nama , NIK KTP dan tujuan untuk mencetak tiket. Selanjutnya penumpang pergi ke stasiun tujuan untuk pemberangkatan. Pada pintu masuk gerbong kereta api, setiap penumpang wajib melakukan verifikasi data tiket dengan menunjukan tiket yang telah dicetak tadi ke barcode scanner. Jika data terverifikasi dengan benar, maka secara otomatis data tersebut memerintahkan untuk membuka kursi ditandai dengan notifikasi nyala lampu LED berwarna hijau. Motor servo sebagai pengerak kursi dengan sudut 90o. Jika data tidak terverifikasi dengan benar, maka kursi tidak akan terbuka. Sehingga memungkinkan tidak adanya penumpang yang ilegal, penumpang duduk sesuai nomor kursi yang telah dipesan, dan jumlah penumpang tidak melebihi batas. Selanjutnya, jika penumpang sudah sampai ditempat tujuan setelah 10 menit penumpang turun secara otomatis tempat duduk tadi akan tertutup sendiri.

Author Biographies

Setya Wahyu Priyadi, Universitas Trunojoyo Madura

Teknik Elektro, Fakultas Teknik

Rachmad Hidayat, Universitas Trunojoyo Madura

Teknik Elektro, Fakultas Teknik

Koko Joni, Universitas Trunojoyo Madura

Teknik Elektro, Fakultas Teknik

References

Agmasari, S. (2016). Hati-hati, Jelang Mudik Bukan Calo yang Beredar di Stasiun, tapi... Retrieved January 1, 2018, from https://travel.kompas.com/read/2016/05/24/210400327/hati-hati.jelang.mudik.bukan.calo.yang.beredar.di.stasiun.tapi.

Agustina, S., & Nugroho, N. (2015). ANALISA MOTOR DC (DIRECT CURRENT) SEBAGAI PENGGERAK MOBIL LISTRIK. Jurnal Mikrotiga, 2(1).

Juliyanto, I. T. (2015). Strategi Peningkatan Kualitas Pelayanan Jasa Transportasi Kereta Api (Studi Pada PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Dearah Operasi VII Madiun). Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 118–121.

Plaza, J., & Abu, M. (2015). Sistem Informasi Perpustakaan Di SMP Negeri 12 Kotabumi Berbasis Borland Delphi 7. Jurnal Informatika Darmajaya, 15(2), 102–115.

Puspawardhana, N., Suhartati, F., & Nurwati, T. (2014). Pengaturan Posisi Motor Servo Pada Miniatur Rotary Parking. Jurnal Mahasiswa TEUB, 2(5).

Rahayu, C. M. (2017). Evakuasi Selesai, Relasi KRL Jabodetabek Kembali Normal. Retrieved January 1, 2018, from https://news.detik.com/berita/d-3668373/evakuasi-selesai-relasi-krl-jabodetabek-kembali-normal

Shukla, J. R. D. A. P. R. M. (2015). Barcode Scanner. International Of Engineering Technology & Management Research, 3(1), 118–121.

Sjafruddin, A., Sadono, M., Ridwan, A. S., Tamin, O. Z., Ismanto, B., Widodo, P., … Karsaman, R. H. (2006). TANTANGAN DAN PEMECAHAN MASALAH SEKTOR TRANSPORTASI DI INDONESIA. Status, Prospek, Dan Permasalahan Ipteks Menjelang Abad Ke-21, 32(2), 89–123.

Downloads

Published

2018-12-10