ANALISIS DEFECT DAN KUALITAS PRODUK WRITING AND PRINTING PAPER DENGAN SIX SIGMA

Authors

  • Nurul Aziza Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Muhammad Afandi Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v2i1.266.73-78

Keywords:

defect, dpmo, dmaic, kualitas, six sigma, writing and printing paper recycle

Abstract

Persaingan di industri yang semakin ketat, mendorong perusahaan untuk lebih mengembangkan dan mencari cara agar proses produksi dapat berjalan efisien dan efektif. Salah satu produk yang dihasilkan oleh perusahaan adalah writing dan printing paper recycle (WPR) yang berusaha menekan angka defect yang dirasakan masih tinggi. Six sigma sebagai salah satu tool dalam peningkatan kualitas dengan target 3,4 kegagalan per sejuta kesempatan untuk setiap transaksi setiap produk barang dan jasa dengan mengaplikasikan siklus define, measure, analysis, improve, dan control (DMAIC) yang bersifat teknik pengendalian dan peningkatan kualitas dalam bidang manajemen kualitas. Dengan menggunakan metode six sigma, kualitas WPR dan dihasilkan perusahaan cukup baik yaitu 3,19 sigma dengan tingkat defect 45.005 untuk sejuta produksi (DPMO). Implementasi peningkatan six sigma pada penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat 5 (lima) faktor yang menyebabkan defect yaitu dirtcount sebanyak 41.670 ton, gramature sebanyak 32.103 ton, caliper sebanyak 30.799 ton, brightness sebanyak 28.909 ton, coppsize sebanyak 26.911 ton. Diantara kelima jenis defect yang dihasilkan, faktor dirtcount adalah penyebab dominan. Dengan six sigma dapat diketahui juga bahwa indeks Cpm sebesar 2,6140 yang berarti bahwa perusahaan dianggap kompetitif dalam persaingan.  

Author Biographies

Nurul Aziza, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Industri, Fakultas Teknik

Muhammad Afandi, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Industri, Fakultas Teknik

References

Ahyari, A. (1990). Pengendalian Produksi II. Yogayakarta: BPFE UGM.

Bozek, M., & Hamrol, A. (2012). Analysis of efficiency of Lean Manufacturing and Six Sigma in a production enterprise. Management and Production Engineering Review, 3(4), 14–25.

Gaspersz, V. (2005). Integrated Performance management system the Balanced Scorecard with the Six Sigma for business and Government Organizations. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Gaspersz, V. (2007). Lean Six Sigma. Gramedia Pustaka Utama.

Latief, Y., & Utami, R. P. (2009). Penerapan pendekatan metode six sigma dalam penjagaan kualitas pada proyek konstruksi. Makara Journal of Technology, 13(2).

Manggala, D. (2005). Six Sigma Secara Sederhana.

Susetyo, J., & Winarni, C. H. (2011). Aplikasi Six Sigma DMAIC dan Kaizen sebagai metode pengendalian dan perbaikan kualitas produk. Jurnal Teknologi, 4(1), 53–61.

Downloads

Published

2018-06-29

Issue

Section

Articles