MONITORING TARGET HEART RATE (THR) UNTUK OPTIMALISASI LATIHAN LARI BERBASIS INTERNET OF THINGS

Authors

  • Musayyanah Musayyanah Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Ira Puspasari Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Pauladie Susanto Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v2i2.252.87-94

Keywords:

heart rate, karvonen, lari, personal trainer, sistem monitoring, internet of things

Abstract

Olahraga merupakan salah satu aktifitas rutinyang dilakukan oleh masyrakat, seperti olahraga yang melatih kardio atau denyut jantung. Kategori olahraga yang mudah dilakukan oleh masyarakat adalah olahraga lari, yang tidak membutuhkan teknik yang rumit dan tidak butuh biaya mahal untuk melakukannya.  Aktifitas lari ini sangat mempengaruhi kondisi jantung, khususnya bagi pelari pemula dan atlit lari. Jika Olahraga ini, tidak dipantau dengan baik oleh Pelatih atau Personal Trainer, maka mengakibatkan kematian. Sistem Monitoring yang mengintegrasikan hardware dengan software diterapkan untuk memudahkan proses monitoring. Pantauan yang dilakukan untik nilai THR (Target Heart Rate) dengan menerapkan metode Karvonen. Integrasi hardware yang meliputi sensor Grove Finger ClipHeart Rate, Modul Transmisi Wireless (Modul ESP 8266) , dan Arduino. Performansi 0,6% untuk tingkat kesalahan sensor dan kemampuan transmisi data dengan paket loss < 1% untuk modul ESP . Hardware Monitoring tersebut terintegrasi baik dengan aplikasi monitoring lewat jaringan lokal dan akses web lewat jaringan internet.

Author Biographies

Musayyanah Musayyanah, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Sistem Komputer, Fakultas Teknologi dan Informatika

Ira Puspasari, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Sistem Komputer, Fakultas Teknologi dan Informatika

Pauladie Susanto, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Sistem Komputer, Fakultas Teknologi dan Informatika

References

Achten, J. (2003). Heart Rate Monitoring Application and Limitations. Adis Data Information, 517–533.

Camarda, sergio R. de A. (2008). Comparison of Maximal Heart Rate Using predeiction Equations Propsed by Karvonen dan Tanaka. Arq Brass Cardiol.

Febrida, M. (2013). Pelari Jakarta Marathon Meninggal, Diduga kena Serangan Jantung. Retrieved January 13, 2018, from https://www.liputan6.com/health/read/730869/pelari-jakarta-marathon-meninggal-diduga-kena-serangan-jantung

Harsono, B., Liman, J., & Djohan, N. (2017). Rancang Bangun Alat Pemantau Laju Detak Jantung Saat Latihan Fisik. Teknik Dan Ilmu Komputer, 1(4).

Islam, S. M. R., Kwak, D., Kabir, M. D. H., Hossain, M., & Kwak, K.-S. (2015). The internet of things for health care: a comprehensive survey. IEEE Access, 3, 678–708.

Puspasari, I., Musayyanah, M., & Susanto, P. (2018). Telereport Target Heart Rate (THR) pada Cardio Exercise Berbasis Metode Karvonen. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Wilkins. (2000). ACSM’s guidelines for Exercises Testing and Prescription (6th ed.). Baltimore Lippincoot Wiliam.

Yulian, R., & Suprianto, B. (2017). Rancang Bangun Photoplethysmography (PPG) Tipe Gelang Tangan untuk Menghitung Detak Jantung Berbasis Arduino. Jurnal Teknik Elektro, 6(3).

Downloads

Published

2018-12-10