IMPLEMENTASI METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) DALAM MENGANALISIS KUALITAS PELAYANAN PADA BENGKEL POLITEKNIK

Authors

  • Arianti Kusumawardhani Politeknik Unisma Malang
  • Shafiq Nurdin Politeknik Unisma Malang

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v2i2.240.95-102

Keywords:

service quality, quality function deployment, house of quality

Abstract

Penelitian ini menganalisis tentang kualitas pelayanan bengkel di Politeknik Unisma Malang (PUM), dengan tujuan untuk memperbaiki pelayanan di bengkel. Caranya adalah dengan menggunakan  metode  Servqual  yang diintegrasikan  dengan  metode  Quality  Function Deployment untuk mengetahui persepsi dan harapan mahasiswa terhadap pelayanan yang telah diberikan selama ini. Setelah diketahui atribut yang diinginkan mahasiswa terhadap pelayanan bengkel maka akan menjadi voice of customer dan diolah di House of Quality untuk dapat menghasilkan prioritas rekomendasi perbaikan yang sesuai dengan kebutuhan pihak bengkel. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas terdapat 18 atribut yang dinyatakan valid dan reliabel yang selanjutnya dibuat kuisioner kemudian disebarkan ke pihak pengguna bengkel (mahasiswa).  Dari hasil matriks House of Quality, ada beberapa prioritas pelayanan bengkel PUM yang perlu dilakukan berdasarkan atribut jasa pelayanan yang diharapkan oleh mahasiswa adalah : ketepatan waktu dan kesesuaian jadwal, asisten bengkel harus mempunyai keahlian atau pengalaman di bengkel, memberikan pelatihan tambahan untuk asisten bengkel, penilaian terbuka dan mudah diakses, disediakan kotak kritik dan saran, dibuatkan form peminjaman alat, peningkatan kemampuan dan daya tanggap asisten bengkel, pembelian alat dan bahan untuk praktik, disediakan tempat sampah di bengkel, disediakan alat-alat kebersihan di bengkel, mahasiswa diwajibkan untuk membersihkan bengkel setelah selesai praktik, ruangan bengkel dengan pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik, penilaian performa kerja (per tahun).

Author Biographies

Arianti Kusumawardhani, Politeknik Unisma Malang

Teknik Mesin

Shafiq Nurdin, Politeknik Unisma Malang

Teknik Mesin

References

Andreassen, T. W. (1994). Satisfaction, loyalty and reputation as indicators of customer orientation in the public sector. International Journal of Public Sector Management, 7(2), 16–34.

Baheramsyah. (2012). Identifikasi Dan Evaluasi Tingkat Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) XYZ (Skripsi). Jakarta.

Bangun, A., Ginting, R., & Tarigan, U. (2013). Analisis Kualitas Pelayanan Jasa Pendidikan dengan Menggunakan Quality Function Deployment di Jurusan Akuntansi Xyz. Jurnal Teknik Industri USU, 3(1).

Desiawan, V. A. (2010). Penerapan Quality Function Deployment dengan Mengadopsi Penggabungan Metode Service Quality dan Kano Model dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan pada Bengkel Resmi ATPM. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: Program Magister Teknik Industri ….

Hasanah, U. (2007). Penerapan Konsep Quality Function Deployment (QFD) dalam Meningkatkan Kualitas dan Mengembangkan Produk Sepeda Motor Honda Karisma 125D. Kepuasan Terhadap Konsumen.

Hidayat, A. (2012). Analisis Kepuasan Mahasiswa terhadap Proses Belajar Mengajar Di Jurusan Kemaritiman Politeknik Negeri Samarinda. JURNAL EKSIS, 8(1), 2060 2065.

Jaiswal, E. S. (2012). A case study on quality function deployment (QFD). IOSR Journal of Mechanical and Civil Engineering (IOSR-JMCE), 3(6), 27–35.

Palmer, K. (2012). Voice of Customers. USA: Little Brown.

Rai, A. (2010). Metode–Metode Untuk Penilaian Kinerja. Surabaya: UNAIR.

Revelle, J. B., Moran, J. W., & Cox, C. A. (1998). The QFD handbook. John Wiley & Sons.

Rheza, K. P. (2014). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN JASA DENGAN METODE SERVQUAL DAN QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)(STUDI KASUS PADA LABORATORIUM PEMROGRAMAN KOMPUTER TEKNIK INDUSTRI UPN “VETERAN” JATIM). UPN" VETERAN" JAWA TIMUR.

Widarman, A. (2016). USULAN RANCANGAN PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DALAM PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN DENGAN PENDEKATAN MODEL INTEGRASI SERVQUAL, KANO DAN QFD. UNPAS.

Wijaya, T. (2011). Manajemen kualitas jasa. Jakarta: PT. Indeks.

Downloads

Published

2018-12-10