ANALISIS DAMPAK LALU LINTAS PEMBANGUNAN MALL LAGOON AVENUE SUNGKONO TERHADAP KINERJA SIMPANG DI JALAN MAYJEND SUNGKONO - HR MUHAMMAD SURABAYA

Sri Awiyaningsih, Hary Moetriono, Sri Wiwoho Mudjanarko

Abstract


Kota Surabaya sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur adalah kota dengan potensi yang cukup besar dilihat dari sistem transportasinya dan dalam pembangunan bangunan – bangunan yang memberikan nilai lebih terhadap berbagai peluang bisnis dan investasi. Pembangunan gedung perkantoran, apartemen dan mall di Kota Surabaya memacu tingkat perubahan intensitas lalu lintas. Mall merupakan salah satu bangunan yang perkembangannya sangat baik di Kota Surabaya. Pembangunan Mall terbaru yang sedang berjalan salah satunya adalah Mall Lagoon Avenue Sungkono yang terletak di Jl KH Abdul Wahab Siamin yang lokasinya berdekatan dengan persimpangan Jl Mayjend Sungkono – HR Muhammad, karena lokasi mall yang cukup strategis tentunya akan berdampak pada kondisi tarikan dan bangkitan lalu lintas di sekitar lokasi pembangunan mall. Maka dari itu perlu diadakannya analisa dampak lalu lintas di persimpangan Jl Mayjend Sungkono – HR Muhammad akibat pembangunan Mall Lagoon Avenue Sungkono Surabaya. Pembangunan Mall Lagoon Avenue Sungkono akan berdampak pada ruas jalan dan persimpangan yang ada disekitar lokasi, penulis menggunakan metode regresi linear dalam melakukan analisis yang diawali dengan pengumpulan data primer yaitu survey lapangan, geometric, arus lalu lintas, volume masuk dan keluar kendaraan pada maal pembanding dan data sekunder serta volume bangkitan akibat pembangunan Mall Lagoon Avenue Sungkono. Dari hasil analisa data didapatkan jumlah bangkitan kendaraan Mall Lagoon Avenue Sungkono Surabaya adalah 104 kend/jam untuk MP dan 150 kend/jam untuk SM. Dan jumlah derajat kejenuhan terbesar terdapat pada jam puncak sore Jl Mayjend Sungkono – HR Muhammad sebesar 0,71.


Keywords


transportasi; ruas jalan; persimpangan dan tarikan bangkitan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Surabaya. (2015). Statistik Indonesia Tahun 2015. Surabaya: Badan Pusat Statistik.

Black, A. (1981). Urban Transport Planning-Theory and Practice. AMER PLANNING ASSOC 1313 EAST 60 STREET, CHICAGO, IL 60637-2891.

Departemen Perhubungan. (1996). Keputusan Direktur Jendral perhubungan Darat Tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir. Jakarta.

Kurniawan, F., Mudjanarko, S. W., & Ogunlana, S. (2015). Best practice for financial models of PPP projects. Procedia Engineering, 125, 124–132.

Lestari, F. A., & Apriyani, Y. (2014). Analisis Dampak Lalu Lintas Akibat Adanya Pusat Perbelanjaan Dikawasan Pasar Pagi Pangkalpinang Terhadap Kinerja Ruas Jalan. In Forum Profesional Teknik Sipil (Vol. 2). Universitas Bangka Belitung.

Mudjanarko, S. W., & Sulistio, H. (2013). Behaviour Model of Motor Cycle User in Selecting Parking Location (Case study in Surabaya City of Indonesia). Journal of Basic and Applied Scientific Research (JBASR), 3, 842–846.

Rantung, T., Sompie, B. F., & Jansen, F. (2015). Analisa Dampak Lalu Lintas (Andalalin) Kawasan Lippo Plaza Kairagi Manado. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 5(1).

Sumajouw, J., Sompie, B. F., & Timboeleng, J. A. (2013). Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) Kawasan Kampus Universitas Sam Ratulangi. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 3(2).

Tamin, O. Z. (2000). Perencanaan dan pemodelan transportasi. Penerbit ITB.

Yulmida, D., Mudjanarko, S. W., Setiawan, M. I., & Limantara, A. D. (2017). Analisis Kinerja Parkir Sepanjang Jalan Walikota Mustajab Surabaya. U KARST, 1(1).




Copyright (c) 2018 Teknika : Engineering and Sains Journal




TESJ abstracted & indexed by :

                                                                                      


Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Maarif Hasyim Latif

Address : LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail : teknika@ft.umaha.ac.id
URL : https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika


ISSN 2579-5422 (online)
ISSN 2580-4146 (print)

Creative Commons License
TESJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1