GAUSSIAN MIXTURE MODEL UNTUK PENGHITUNGAN TINGKAT KEBERSIHAN SUNGAI BERBASIS PENGOLAHAN CITRA

Bayu Charisma Putra, Yunita Nur Afifah

Abstract


Banjir merupakan salah satu masalah yang terjadi di Indonesia pada hampir setiap musim hujan. Salah satu penyebab banjir adalah terhambatnya aliran sungai akibat menumpuknya sampah, sehingga air sungai yang seharusnya mengalir ke hilir akan meluber ke pemukiman. Hal tersebut tentunya harus mendapat perhatian lebih dari dinas terkait, salah satunya adalah dengan menggali informasi sungai mana saja yang menjadi prioritas berdasarkan kondisi kebersihannya. Seiring berkembangnya era digital, informasi tersebut dapat diperoleh dengan menggunakan sebuah alat. Dalam jurnal ini akan dibahas bagaimana memperoleh informasi tingkat kebersihan sungai dengan metode Gaussian Mixture Model (GMM) berbasis pengolahan citra. Selanjutnya perhitungan tersebut disimulasikan dengan aplikasi berbasis desktop dengan bahasa JAVA. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan beberapa tahap. Tahap pertama adalah mendeteksi sampah yang ada pada sungai menggunakan GMM. Kemudian akan dilakukan proses filtering dengan Median Filter untuk lebih mempertajam hasil deteksi. Terakhir adalah penghitungan tingkat kebersihan sungai berdasarkan prosentase sampah pada sungai di dalam ROI (Region of Intereset).


Keywords


banjir; deteksi sampah; gaussian mixture model; java; median filter; pengolahan citra

Full Text:

PDF

References


Amaluddin, F., Muslim, M. A., & Naba, A. (2015). Klasifikasi Kendaraan Menggunakan Gaussian Mixture Model (GMM) dan Fuzzy Cluster K Means (FCM). Jurnal EECCIS, 9(1), 19–24.

Benezeth, Y., Jodoin, P.-M., Emile, B., Laurent, H., & Rosenberger, C. (2010). Comparative study of background subtraction algorithms. Journal of Electronic Imaging, 19(3), 33003.

Bharti, T. T. (2013). Background subtraction technique review. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 2(3), 166–168.

Hatta, M., Susrama, I. G., Edi Purnama, I. K., & Hariadi, M. (2016). Cacah Spermatozoa Menggunakan Background Segmentation dan Boundary Detection. SCAN-Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 11(1), 67-74.




Copyright (c) 2018 Teknika : Engineering and Sains Journal




TESJ abstracted & indexed by :

                                                                                      


Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Maarif Hasyim Latif

Address : LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail : [email protected]
URL : https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika


ISSN 2579-5422 (online)
ISSN 2580-4146 (print)

Creative Commons License
TESJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1