SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KURIR ASI DI KOTA MALANG BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS : SIMOMI)

Authors

  • Putri Delfi Istiqomah Universitas Muhammadiyah Malang
  • Wahyu Andhyka Kusuma Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v2i1.224.25-32

Keywords:

sistem informasi, geografi, kurir asi, google maps api

Abstract

Penyajian sistem informasi saat ini tidak hanya menampilkan informasi berbasis teks, tetapi dapat menampilkan gambar dalam bentuk geografi. Dengan melihat bentuk geografi tentu akan mempermudah pengguna dalam mengakses informasi, terutama informasi yang berkaitan dengan suatu area atau wilayah. Informasi keberadaan kurir ASI adalah salah satu informasi yang sangat penting bagi pengguna yang ingin mengetahuinya. Agar informasi yang ditampilkan menarik, dukungan sistem informasi berbasis geografi pasti sangat menguntungkan pengguna. Dengan sistem informasi berbasis geografi ini, pengguna dapat melihat lokasi kurir ASI dalam bentuk peta dan rute yang dapat dilalui untuk menuju ke lokasi kampus. Dalam tulisan ini dikembangkan sistem informasi geografis, khususnya informasi tentang lokasi kurir ASI di wilayah kota Malang. Aplikasi dikembangkan menggunakan server web Apache 2.2.6, php 5.2.5, MySQL 5.0.51 dan menggunakan google maps API.


Author Biographies

Putri Delfi Istiqomah, Universitas Muhammadiyah Malang

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Wahyu Andhyka Kusuma, Universitas Muhammadiyah Malang

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Arikunto, S. (2010). Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Ke-14. Jakarta.

Edmunds, A., & Butler, M. (2008). Linking Event-B and concurrent object-oriented programs. Electronic Notes in Theoretical Computer Science, 214, 159–182.

Gusmao, A., Pramono, S. H., & Sunaryo. (2013). Sistem Informasi Geografis Pariwisata Berbasis Web Dan Pencarian Jalur Terpendek Dengan P Algoritma Dijkstra. Jurnal EECCIS, 7(2), 125–130.

Indonesia, K. K. R. (2017). Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2016. Pusat Data Dan Informasi Kementrian Keshatan RI, 119–121.

Lubis, H. S. (2009). Perbandingan Algoritma Greedy dan Dijkstra untuk menentukan lintasan terpendek. Perbandingan Algoritma Greedy Dan Dijkstra Untuk Menentukan Lintasan Terpendek.

Noor, A., Haeruddin, H., & Rudiman, R. (2017). Sistem Informasi Geografis Manajemen Data Kependudukan Kecamatan Sambutan Kota Samarinda Berbasis Website. In Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi) (Vol. 2, pp. 309–314).

Prasetyo, A., & Rohmatun, N. (2016). Implementasi Sistem Informasi Geografis dan Data Center untuk Pemetaan Penyebaran Penyakit Demam Berdarah di Kabupaten Ponorogo. Multitek Indonesia: Jurnal Ilmiah, 9(1), 1–7.

Rukmana, M., & Ramdani, F. (2017). Implementasi Algoritme Dijkstra pada Webgis untuk Pencarian Lokasi SPBU di Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(6), 2141–2149.

Sudaryono. (2014). Teori dan Aplikasi dalam Statistik. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Susanto, A., Kharis, A., & Khotimah, T. (2016). Sistem Informasi Geografis Pemetaan Lahan Pertanian dan Komoditi Hasil Panen Kabupaten Kudus. Jurnal Informatika, 10(2).

Yusuf, M. S., Az-Zahra, H. M., & Apriyanti, D. H. (2017). Implementasi Algoritma Dijkstra Dalam Menemukan Jarak Terdekat Dari Lokasi Pengguna Ke Tanaman Yang Di Tuju Berbasis Android (Studi Kasus di Kebun Raya Purwodadi). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(12).

Zainuri, A. (2012). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Geografis Berbasis Web untuk Perguruan Tinggi di Malang Raya. University of Muhammadiyah Malang.

Downloads

Published

2018-06-29

Issue

Section

Articles