ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN TINGKAT KEPENTINGAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Authors

  • Rellanti Diana Kristy Universitas Muhammadiyah Malang
  • Wahyu Andhyka Kusuma Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v2i1.223.17-24

Keywords:

framework pieces, importance performance analysis, ipa, sistem informasi, tingkat kepuasan, tingkat kepentingan

Abstract

Untuk mengetahui apakah sistem informasi Universitas Muhammadiyah Malang berjalan sebagaimana mestinya, maka diperlukan proses evaluasi terhadap kinerja dari sistem informasi tersebut. Evaluasi dapat dilakukan  dengan dengan berbagai cara sesuai dengan tujuan dari evaluasi tersebut. Evaluasi yang dilakukan terhadap sistem informasi Universitas Muhammadiyah Malang dengan menggunakan PIECES Framework. Analisis dilakukan dengan menggunakan 6 fokus analisis yaitu performance,  information and data, economy, control and security, efficiency, dan service. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan sistem informasi Universitas Muhammadiyah Malang, mengetahui kelemahan dan kekuatan dan menganalisis komponen apa saja yang perlu ditingkatkan kualitas pelayanannya. Data didapatkan dari penyebaran kuesioner terhadap 40 pengguna sistem informasi Universitas Muhammadiyah Malang.  Hasil penelitian ini diketahui bahwa pengukuran rata-rata tingkat kepuasan berada pada 3,6 yang berarti sistem informasi Universitas Muhammadiyah Malang telah memberikan kepuasan kepada pengguna, sedangkan untuk nilai pengukuran rata-rata tingkat kepentingan 3,4 yang berarti sistem informasi Universitas Muhammadiyah Malang dianggap penting oleh pengguna.

Author Biographies

Rellanti Diana Kristy, Universitas Muhammadiyah Malang

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Wahyu Andhyka Kusuma, Universitas Muhammadiyah Malang

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

Chen, Y.-L., & Fan, K.-K. (2017). Exploratory study on corporate brand image and customer satisfaction on consumer purchase behavior: A case study of UNIQLO. In Applied System Innovation (ICASI), 2017 International Conference on (pp. 1190–1193). IEEE.

Cherapanukorn, V., & Charoenkwan, P. (2017). Word Cloud of Online Hotel Reviews in Myanmar for Customer Satisfaction Analysis. In Advanced Applied Informatics (IIAI-AAI), 2017 6th IIAI International Congress on (pp. 447–452). IEEE.

Chiou, K.-C., Su, H.-H., Hsieh, Y.-Y., & Tien, C.-H. (2017). Application of simultaneous importance-performance analysis to evaluate customer loyalty towards corporation: A case study of direct selling company S. In Awareness Science and Technology (iCAST), 2017 IEEE 8th International Conference on (pp. 210–214). IEEE.

Devy, N. P. I. R., Wibirama, S., & Santosa, P. I. (2017). Evaluating user experience of english learning interface using User Experience Questionnaire and System Usability Scale. In Informatics and Computational Sciences (ICICoS), 2017 1st International Conference on (pp. 101–106). IEEE.

Hendarti, H., Christian, T. L., Permatasari, A., & Nindito, H. (2017). Evaluation of web information system national land agency to improve user satisfaction. In Information Management and Technology (ICIMTech), 2017 International Conference on (pp. 39–43). IEEE.

Keong, W. E. Y. (2017). Importance-Performance Analysis of e-Learning Technologies in Malaysian Higher Education. In Educational Technology (ISET), 2017 International Symposium on (pp. 24–28). IEEE.

Luo, C., Gao, H., Gao, C., & Ma, W. (2015). An importance-performance analysis of E-service quality. In Logistics, Informatics and Service Sciences (LISS), 2015 International Conference on (pp. 1–6). IEEE.

Rosalina, R., Utami, M. C., Kumaladewi, N., & Putra, S. J. (2017). The psychometric and interpretative analyses for assessing the end-user computing satisfaction questionnaire. In Cyber and IT Service Management (CITSM), 2017 5th International Conference on (pp. 1–6). IEEE.

Supriyatna, A., & Maria, V. (2018). Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Tingkat Kepentingan Penerapan Sistem Informasi DJP Online dengan Kerangka PIECES. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer Dan Informatika, 3(2), 88–94.

Tong, L., Hou, X., & Li, X. (2016). Empirical study on customer satisfaction influencing factors of industry application products based on experiential level theory. China Communications, 13(11), 260–268.

Ulkhaq, M. M., Wijayanti, W. R., Kusumawati, A., Aulia, F. S., Wijayanti, R. S., & Wiganingrum, R. (2017). Combining the eTransQual scale and importance-performance analysis to assess service quality of online shopping. In Industrial Engineering and Applications (ICIEA), 2017 4th International Conference on (pp. 146–150). IEEE.

Downloads

Published

2018-06-29

Issue

Section

Articles