EVALUASI KUALITAS LAYANAN WEBSITE SIMANTA PKN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG DENGAN PENDEKATAN WEBQUAL 4.0 DAN ANALISIS IPA

Yasina Tisha Karina, Wahyu Andhyka Kusuma

Abstract


Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah salah satu dari sekian banyak perguruan tinggi swasta di Indonesia yang terletak di Malang, Jawa Timur. UMM berdiri sejak 1964 dengan banyak prodi yang ada. Seiring dengan perkembangan teknologi, UMM telah banyak melakukan pembangunan dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu jurusan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi tersebut yaitu Jurusan Teknik Informatika. Teknik informatika memiliki sebuah website yang bernama SIMANTA PKN UMM guna menunjang aktivitas PKN Mahasiswa dan juga aktivitas bimbingan PKN pasca pelaksanaan. Untuk menilai kualitas dari website tersebut dibutuhkan sebuah metode analisa website yaitu Webqual 4.0 dengan analisa perbaikan berdasarkan kinerja website dan kebutuhan pengguna menggunakan metode analisa IPA. Dari penelitian yang ada, ditemukan atribut-atribut apa saja yang perlu dilakukan perbaikan sesuai dengan kebutuhan pengguna website yaitu mahasiswa Teknik Informatika yang penah mengakses website tersebut. Hasil dari penelitian ini menggambarkan bagaimana kualitas layanan website dan memberikan saran perbaikan website berdasarkan penelitian yang telah dilakukan.


Keywords


importance performance analysis; teknik komputer; website; webqual

Full Text:

PDF

References


Baiti, A. Al, Suprapto, & Rachmadi, A. (2017). Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 1(9), 885–892. Retrieved from http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/273

Barnes, S. J., & Vidgen, R. T. (2003). Assessing the quality of a cross-national e-government Web site: a study of the forum on strategic management knowledge exchange. In System Sciences, 2003. Proceedings of the 36th Annual Hawaii International Conference on (p. 10–pp). IEEE.

Christian, T. L., & Jaya, D. (2017). Impact of English online learning website quality to user satisfaction in Jakarta. In Information Management and Technology (ICIMTech), 2017 International Conference on (pp. 278–283). IEEE.

Kadar, J. A., Napitupulu, D., & Jati, R. K. (2017). Analysis of factors influencing the quality of intranet website based on WebQual approach case study in agency X. In Science in Information Technology (ICSITech), 2017 3rd International Conference on (pp. 526–532). IEEE.

Magal, S. R., & Levenburg, N. M. (2005). Using importance-performance analysis to evaluate e-business strategies among small businesses. In null (p. 176a). IEEE.

Mohebifar, R., Hasani, H., Barikani, A., & Rafiei, S. (2016). Evaluating service quality from patients’ perceptions: application of importance–performance analysis method. Osong Public Health and Research Perspectives, 7(4), 233–238.

Napitupulu, D. (2017). Analysis of Factors Affecting The Website Quality (Study Case: XYZ University). International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 7(3), 792–798.

Ong, J. O., & Pambudi, J. (2014). Analisis kepuasan pelanggan dengan Importance Performance Analysis di SBU Laboratory Cibitung PT Sucofindo (Persero). [email protected] Ti Undip: Jurnal Teknik Industri, 9(1), 1–10.

Saputra, R. A., Suprapto, & Rachmadi, A. (2018). Penilaian Kualitas Layanan E-Government Dengan Pendekatan Dimensi EGovqual dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus Pada Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(5), 1794–1802.

Tsai, I.-C., & Yeh, C.-H. (2015). Integrating ServQual and Importance-Performance Analysis for Assessing Smart Campus Service Quality: A Case Study of an English Training Programme in Vietnam. In Advanced Learning Technologies (ICALT), 2015 IEEE 15th International Conference on (pp. 436–440). IEEE.

Wahyudi, S. E., Pinandito, A., & Saputra, M. C. (2017). Penilaian Kualitas Website E-Government Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) dengan Dimensi e-GovQual (Studi pada Dinas Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Probolinggo), 1(2), 108–117.

Wu, C.-H., Lee, Y.-C., Cheng, Y.-C., & Tasi, S.-B. (2012). The use of importance-performance analysis (IPA) in evaluating bank services. In Service Systems and Service Management (ICSSSM), 2012 9th International Conference on (pp. 654–657). IEEE.




Copyright (c) 2018 Teknika : Engineering and Sains Journal




TESJ abstracted & indexed by :

                                                                                      


Publisher : Faculty of Engineering, Universitas Maarif Hasyim Latif

Address : LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail : [email protected]
URL : https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika


ISSN 2579-5422 (online)
ISSN 2580-4146 (print)

Creative Commons License
TESJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1