PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING DAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP NILAI MAHASISWA MATERI MEKATRONIK

Authors

  • Wiji Lestariningsih Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Ahsan Muafa Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v2i1.216.67-72

Keywords:

mekatronik, model pembelajaran, nilai

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan pada materi Mekatronik  mahasiswa meggunakan model pembelajaran self directed learning (SDL) dan mahasiswa menggunakan model small group discussion (SGD). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental design. Penelitian ini menggunakan control group discussion pretest-postest design. Dari penelitian yang sudah dilakukan memperoleh hasil penilaian bahwa mahasiswa yang diajarkan dengan model SDL nilai rata-rata pengetahuan 81,53; nilai rata-rata keterampilan sebesar 81,76. Sedangkan pada mahasiswa yang diajarkan menggunakan SGD nilai rata-rata pengetahuan 77,25; nilai rata-rata mahasiswa keterampilan sebesar 72,97.

Author Biographies

Wiji Lestariningsih, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakultas Teknik

Ahsan Muafa, Universitas Maarif Hasyim Latif

Fakultas Teknik

References

Azwar; S. (1997). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gibbons; M. (2003). The self-directed learning handbook: Challenging adolescent students to excel. John Wiley & Sons.

Hariyanto; I. B. D. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hosnan; M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Huda; M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Kelly; M.; & Stafford; K. (1993). Managing small group discussion. Professional Development Unit; City Polytechnic of Hong Kong.

Naga; D. S. (1992). Pengantar teori sekor pada pengukuran pendidikan. Jakarta: Gunadarma.

Pallant; J. (2013). SPSS survival manual. McGraw-Hill Education (UK).

Pulley; P. A. (2004). Developing an instructional model in an industrial application. Online Journal for Workforce Education and Development; 1(1); 2.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Scott; K. W. (2006). Self-directed learners’ concept of self as learner: Congruous autonomy. International Journal of Self-Directed Learning; 3(2); 1–13.

Sudjana; N. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito; 168.

Supardi; U. S. (2013). Aplikasi statistika dalam penelitian. Jakarta: Change Publisher.

Viera; A. J.; & Garrett; J. M. (2005). Understanding interobserver agreement: the kappa statistic. Fam Med; 37(5); 360–363.

Downloads

Published

2018-06-29

Issue

Section

Articles