PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING DAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP NILAI MAHASISWA MATERI MEKATRONIK

Wiji Lestariningsih, Ahsan Muafa

Abstract


Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan pada materi Mekatronik  mahasiswa meggunakan model pembelajaran self directed learning (SDL) dan mahasiswa menggunakan model small group discussion (SGD). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis quasi eksperimental design. Penelitian ini menggunakan control group discussion pretest-postest design. Dari penelitian yang sudah dilakukan memperoleh hasil penilaian bahwa mahasiswa yang diajarkan dengan model SDL nilai rata-rata pengetahuan 81,53; nilai rata-rata keterampilan sebesar 81,76. Sedangkan pada mahasiswa yang diajarkan menggunakan SGD nilai rata-rata pengetahuan 77,25; nilai rata-rata mahasiswa keterampilan sebesar 72,97.


Keywords


mekatronik; model pembelajaran; nilai

Full Text:

PDF

References


Azwar; S. (1997). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gibbons; M. (2003). The self-directed learning handbook: Challenging adolescent students to excel. John Wiley & Sons.

Hariyanto; I. B. D. (2014). Asesmen Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hosnan; M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.

Huda; M. (2013). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Kelly; M.; & Stafford; K. (1993). Managing small group discussion. Professional Development Unit; City Polytechnic of Hong Kong.

Naga; D. S. (1992). Pengantar teori sekor pada pengukuran pendidikan. Jakarta: Gunadarma.

Pallant; J. (2013). SPSS survival manual. McGraw-Hill Education (UK).

Pulley; P. A. (2004). Developing an instructional model in an industrial application. Online Journal for Workforce Education and Development; 1(1); 2.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar.

Scott; K. W. (2006). Self-directed learners’ concept of self as learner: Congruous autonomy. International Journal of Self-Directed Learning; 3(2); 1–13.

Sudjana; N. (2005). Metode statistika. Bandung: Tarsito; 168.

Supardi; U. S. (2013). Aplikasi statistika dalam penelitian. Jakarta: Change Publisher.

Viera; A. J.; & Garrett; J. M. (2005). Understanding interobserver agreement: the kappa statistic. Fam Med; 37(5); 360–363.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/tesj.v2i1.216.67-72

Copyright (c) 2018 Teknika : Engineering and Sains Journal




TESJ abstracted & indexed by :

                      


Publisher: Faculty of Engineering, Universitas Maarif Hasyim Latif

Address: LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: teknika@ft.umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika


ISSN: - 2579-5422 (online)
ISSN:2580-4146 (print)

Creative Commons License
TESJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1