SISTEM PENGENALAN WAJAH SECARA REALTIME MENGGUNAKAN METODE VIOLA-JONES DAN PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS

Erwin Eko Setiawan, Moch Hatta

Abstract


Pada era perkembangan teknologi saat ini, identifikasi seseorang manusia dapat dilakukan dengan menggunakan sistem pengenalan biometrik, sistem bisa digunakan untuk membedakan antara orang yang satu dengan yang orang lain. Proses yang dilakukan dalam mengenali wajah seseorang dalam suatu gambar citra secara otomatis dilakukan dengan menggunakan bantuan perangkat dan software tertentu. Salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer dengan menggunakan metode tertentu pada proses pengolahan citra. Terdapat beberapa metode yang bisa digunakan dalam melakukan pengenalan ciri wajah yang salah satunya adalah Principal Component Analysis. Metode ini bekerja dengan cara mencocokan matrik vektor wajah manusia dengan data citra yang telah direkam dalam database. Namun, untuk mengetahui apakah  suatu citra terdapat wajah manusia atau tidak, digunakan metode Viola Jones untuk melakukan proses deteksi wajah. Tahapan-tahapan tersebut perlu untuk dilakukan dalam melakukan pengenalan wajah siswa. Studi kasus dilakukan dengan menggunakan sampel wajah siswa pada SMK Raden Paku Wringinanom untuk mengetahui tingkat akurasi sistem pengenalan wajah menggunakan algoritma Viola-Jones dan PCA. Sistem pengenalan wajah ini disusun dan dirancang menggunakan aplikasi MATLAB R2016A. Untuk mengetahui tingkat akurasi dari sistem, penulis melakukan beberapa proses dalam meneliti dan mengembangkan aplikasi pengenalan wajah ini secara realtime. Proses yang dilakukan adalah proses pelatihan dan pengujian. Pada studi kasus ini, diketahui bahwa tingkat akurasi sistem pengenalan wajah manusia dengan menggunakan metode Viola-Jones dan Principal Component Analysis didapatkan hasil yang cukup akurat, yakni mencapai 92,5%.


Keywords


realtime; principal component analysis; viola jones; pengenalan wajah; pca

References


Hardani, Amelia, 2013, “Pengertian Matlab”, http://ameliaadz.blogspot.com/2013/03/pengertian-matlab.html

Mahardiyan A.P, 2018, “Sistem Pengenalan wajah manusia menggunakan algoritma viola-jones dan principal component analysis”, Tugas akhir Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo.

Putro, M. D., Adji, T. B., dan Winduratna, B., 2012, “Sistem Deteksi Wajah dengan Menggunakan Metode Viola-Jones”, Seminar Nasional Science, Engineering and Technology.

Wiryadinata, R., Sagita, R., Wardoyo, S., dan Priswanto, 2016, “Pengenalan Wajah Pada Sistem Presensi Menggunakan Metode Dynamic Times Wrapping, Principal Component Analysis Dan Gabor Wavelet”, Dinamika Rekayasa, Vol. 12 No. 1 (2016) Hal. 1-8 ISSN 1858-3075.

Zayuman, H., Santoso, I., dan Isnanto, R. R., 2008, “Pengenalan Wajah Manusia Menggunakan Analisis Komponen Utama (PCA) Dan Jaringan Syaraf Tiruan Perambatan-Balik”, Makalah Seminar Tugas Akhir, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/tesj.v5i1.1660.%25p

Copyright (c) 2022 Teknika: Engineering and Sains Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TESJ abstracted & indexed by :

                      


Publisher: Faculty of Engineering, Universitas Maarif Hasyim Latif

Address: LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: teknika@ft.umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika


ISSN: - 2579-5422 (online)
ISSN:2580-4146 (print)

Creative Commons License
TESJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1