SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT MATA MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS ANDROID

Moch Adam Kurniawan, Teguh Pradana

Abstract


Penyakit mata beragam, penyakit dari yang ringan maupun yang berat, penyakit rabun jauh atau rabun dekat. Dalam kasus seperti penyakit mata, manusia butuh dokter yang ahli dalam bidang mata atau penyakit mata. Dokter akan dengan mudah menangani penyakit mata jika mata itu terkena penyakit ringan, tapi jika terkena penyakit yang berat, dokter akan kesulitan. Dokter adalah manusia yang bisa lupa ingatan, karena itu, dokter butuh program yang bisa menyimpan gejala-gejala maupun penyakit. Program dalam pembuatan ini menggunakan metode dalam sistem. Sistem pakar merupakan sistem yang menirukan kemampuan seorang ahli pakar dalam mengatasi hal rumit. Pengetahuan sang ahli atau sang pakar dimasukkan ke dalam program sistem, kemudian sistem akan menjawab berbagai relasi yang sudah tertanam kemampuan sang pakar. Metode yang digunakan dalam pembuatan sistem pakar penyakit mata adalah metade certainty factor, yaitu metode yang mencari nilai keyakinan dari suatu gejala. Program dalam sistem ini berbasis android. Jadi dengan adanya program aplikasi berbasis android sistem pakar, dokter akan mudah menyimpan ingatan tentang gejala-gejala maupun penyakit yang telah dipelajarinya kemudian dimasukkan ke dalam program agar tidak lupa. 


Keywords


android; certainty factor; penyakit mata; sistem pakar

Full Text:

PDF

References


Alatas, S., & Maulidia, K. (2009). Sistem Pakar Berbasis Web Untuk Diagnosa Penyakit Melalui Pemeriksaan Mulut (Universitas Bina Nusantara). Retrieved from http://eprints.binus.ac.id/4167/

Aprilliani, P. F., & Mustafidah, H. (2017). Implementasi Certainty Factor pada Diagnosa Penyakit Infeksi Tropis. JRST (Jurnal Riset Sains Dan Teknologi), 1(1), 22–36.

Kadir, A. (2014). Buku Pertama Belajar Pemrograman Java untuk Pemula. Yogyakarta: Mediakom.

Reisa, R., Jusak, & Sudarmaningtyas, P. (2013). Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Mata. Jurnal JSIKA, 2(2).

Rosnelly, R. (2012). Sistem Pakar: Konsep dan Teori. Yogyakarta: Andi Offset.

Setiawan, W., & Ratnasari, S. (2014). SISTEM PAKAR DIAGNOSIS PENYAKIT MATA MENGGUNAKAN NAÏVEBAYES CLASSIFIER. Prosiding SEMNASTEK Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Turban, E., Aronson, J. E., & Liang, T. P. (2005). Decision Support Systems and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas). Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.51804/tesj.v5i1.1627.23-26

Copyright (c) 2021 Teknika: Engineering and Sains Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


TESJ abstracted & indexed by :

                      


Publisher: Faculty of Engineering, Universitas Maarif Hasyim Latif

Address: LPPM UMAHA

Jl. Ngelom Megare, Taman, Sidoarjo 61257   031-7884034, Fax. 031-7884034
e-mail: teknika@ft.umaha.ac.id
URL: https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknika


ISSN: - 2579-5422 (online)
ISSN:2580-4146 (print)

Creative Commons License
TESJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Powered by Open Journal Systems 2.4.8.1