PENGENALAN AKSARA JAWA DAN EDUKASI DENGAN MARKER TRACKING PADA AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID

Authors

  • Mohammad Agustian Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Fawaidul Badri Universitas Islam Malang

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v5i1.1626.1-8

Keywords:

marker, tracking, aksara jawa, android, augmented reality

Abstract

Semakin pesatnya perkembangan teknologi, android dan augmented reality bisa menjadi media alternatif untuk mengenalkan aksara jawa yang lebih interaktif. Aplikasi pengenalan aksara jawa dan edukasi dibangun menggunakan software Unity 3D dan memanfaatkan teknologi augmented reality yang dapat diopersikan pada perangkat mobile android. Penelitian ini menghasilkan aplikasi dapat menampilkan objek pada jarak 10 hingga 45 cm dalam intensitas cahaya terang. Aplikasi pada augmented reality ini dibuat berbasis android agar praktis dan lebih menarik minat anak-anak untuk memainkan aplikasi ini pada smartphone, sehingga aplikasi ini dapat dioperasikan dimana saja. Penggunakan gambar 3D dengan menggunakan software Blender dan Vuvoria sebagai library dan suara dalam menampilkan objek aksara akan menambah minat anak-anak agar tidak mudah jenuh dalam belajar pengenalan aksara jawa melalui aplikasi augmented reality.

Author Biographies

Mohammad Agustian, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Informatika, Fakultas Teknik

Fawaidul Badri, Universitas Islam Malang

Teknik Elektro, Fakultas Teknik

References

Apriyani, M. E., Huda, M., & Prasetyaningsih, S. (2016). Analisis penggunaan marker tracking pada augmented reality huruf hijaiyah. Jurnal Infotel, 8(1), 71-77. https://doi.org/10.20895/infotel.v8i1.54

Arismadhani, A., Yuhana, U. L., & Kuswardayan, I. (2013). Aplikasi Belajar Menulis Aksara Jawa Menggunakan Android. Jurnal Teknik ITS, 2(1), A94–A98. https://doi.org/10.12962/j23373539.v2i1.2732

Huda, N., & Purwaningtias, F. (2017). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Berbasis Augmented Reality. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 6(2), 116–120. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v6i2.257

Satria, B., & Prihandoko, P. (2018b). Implementasi Metode Marker Based Tracking pada Aplikasi Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality. Sebatik, 19(1), 1–5.

Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) Untuk Pengenalan Aksara Jawa Pada Anak. Jurnal Teknologi, 8(2). https://ejournal.akprind.ac.id/index.php/jurtek/article/view/1119

Downloads

Published

2021-06-29

Issue

Section

Articles