MENGOPTIMALKAN BIAYA DISTRIBUSI PAKAN TERNAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE TRANSPORTASI (Studi Kasus di PT. X Krian)

Authors

  • Ika Widya Ardhyani Universitas Maarif Hasyim Latif

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v1i2.128.95-100

Keywords:

metode transportasi, nwc, ongkos terkecil, vam, batu loncatan dan modi

Abstract

Metode transportasi adalah metode yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber-sumber yang menyediakan produk yang sama ke tempat-tempat yang membutuhkan secara optimal. Alokasi produk ini harus diatur sedemikian rupa, karena terdapat perbedaan biaya-biaya alokasi dari satu sumber ke suatu tempat tujuan. Kasus transportasi timbul ketika suatu perusahaan mencoba menentukan cara pengiriman (distribusi) suatu jenis barang (item) dari beberapa sumber (lokasi penawaran) ke beberapa tujuan (lokasi permintaan) yang dapat meminimalkan biaya. PT. X dihadapkan pada pemasalahan semakin tingginya biaya pemasaran karena tidak teraturnya pola pendistribusian dari tempat sumber ke tempat tujuan pemasaran, sehingga perusahaan berusaha untuk mengoptimalkan biaya transportasi yang dikeluarkan. Hal ini, jika di biarkan dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan. Metode analisa data yang digunakan untuk memecahkan masalah tersebut menggunakan metode transportasi, untuk solusi awal menggunakan metode pojok kiri atas pojok kanan bawah (North West Corner Method), ongkos terkecil (Least Cost Method), VAM (Vogel’s Approximation Method) dan uji optimal menggunakan metode batu loncatan (Stepping Stone Method) dan MODI (Modified Distribution). Pendistribusian produk pakan ternak di PT. X dengan menggunakan  metode transportasi didapatkan hasil yang optimal. Total biaya transportasi untuk solusi awal menggunakan metode pojok kiri atas pojok kanan bawah (North West Corner Method) = Rp. 43.118.639.196,-; ongkos terkecil (Least Cost Method) = Rp. 43.094.262.979,-; VAM (Vogel’s Approximation Method) = Rp. 43.089.578.434,- dan uji optimal menggunakan metode batu loncatan (Stepping Stone Method) dan MODI (Modified Distribution) didapatkan hasil yang optimal adalah : Rp. 43.087.656.564,-.  

Author Biography

Ika Widya Ardhyani, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Industri, Fakultas Teknik

References

Dimyati, T. T., & Dimyati, A. (1992). Operation Research dan Model-Model Pengambilan Keputusan (Edisi Kedua). Bandung : penerbit Sinar Baru Algesindo.

Iskandar, J., & Puji, A. (2001). Perencanaan dan Penjadwalan Produksi dengan Menggunakan Metode Transportasi Guna Meningkatkan Profit, Umm Scientific Journal, vol. 2.

Pangestu, S., et al. (1986). Dasar-Dasar Operations Research (Edisi Kedua). Yogyakarta : penerbit BPFE,.

Siagian P. (1987). Penelitian Operasional. Jakarta : penerbit Universitas Indonesia.

Supranto J. (1988). Riset Operasi Untuk Pengambilan Keputusan. Jakarta : penerbit Universitas Indonesia.

Swastha B. (1984). Azas – azas Marketing. Yogyakarta : penerbit Liberty.

Taha H., A. (1996). Riset Operasi Suatu Pengantar (Jilid I). Jakarta : penerbit Binarupa Aksara.

Tjiptono F. (1997). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: penerbit Andi.

Yamit Z. (1997). Manajemen Kuantitatif Untuk Bisnis (Edisi Pertama). Yogyakarta : penerbit BPFE.

Downloads

Published

2017-12-18