TEKNOLOGI SMARTPHONE ANDROID DAN APLIKASINYA SEBAGAI PENGENDALI PINTU AIR DAERAH ALIRAN SUNGAI (DAS)

Authors

  • Arianti Kusumawardhani Politeknik Unisma Malang
  • Shafiq Nurdin Politeknik Unisma Malang
  • Mokh. Suseno Aji Sari Politeknik Unisma Malang

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v1i2.127.89-94

Keywords:

pintu air, das, aplikasi, smartphone, android, arduino uno

Abstract

Pengoperasian pintu air pada aliran sungai saat ini masih menggunakan sistem manual dengan menggunakan campur tangan tenaga manusia untuk pengendali buka tutupnya. Hal ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian dengan sistem kendali berbasis smartphone berbasis android. Dalam penelitian ini penulis menggunakan smartphone android sebagai sarana untuk kendali pintu air. Smartphone dipilih oleh penulis karena saat ini menjadi alat komunikasi sehari-hari yang mobile di semua kalangan masyarakat sedangkan andriod merupakan sistem operasi yang sebagian besar dipakai pada smartphone tersebut. Smartphone berbasis android akan secara langsung mengendalikan buka tutup pintu Daerah Aliran Sungai (DAS) dengan menggunakan program aplikasi. Masukan dari aplikasi akan memberikan informasi perintah yang diberikan, selanjutnya akan diterima oleh sistem kendali yang terhubung pada mekanisme gerakan mekanik pintu air sungai. Peralatan kendali menggunakan perangkat Arduino Uno yang mampu mengubah signal digital menjadi gerakan mekanik dalam mengoperasikan pintu DAS. Hasil penelitian yang diperoleh, penggunaan perangkat kendali Arduino Uno tidak menyediakan ruang dalam pengelolaan database secara online, maka dibutuhkan software pendukung lainnya untuk mengatasi hal tersebut. Sebagai pengendali dan sistem android merupakan media penghubung informasi saling terkait merupakan sumber informasi yang terbuka.

Author Biographies

Arianti Kusumawardhani, Politeknik Unisma Malang

Teknik Mesin

Shafiq Nurdin, Politeknik Unisma Malang

Teknik Mesin

Mokh. Suseno Aji Sari, Politeknik Unisma Malang

Teknik Listrik

References

Direktorat Kehutanan Dan Konservasi Sumber Daya Air. (Desember 2012). Analisa Perubahan Penggunaan Lahan Di Ekosistem DAS Dalam Menunjang Ketahanan Air Dan Ketahanan Pangan, Studi Kasus: DAS Brantas. Jakarta: BAPPENAS.

Guntoro, H., Somantri, Y., & Haritman, E. (2013). Rancang Bangun Magnetic Door Lock Menggunakan Keypad Dan Solenoid Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno. ELECTRANS, Vol.12, No.1, 39- 48.

Kementerian Kehutanan, Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan. (2012). Sistem Perencanaan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Konservasi dan Rehabilitasi (P3KR).

Setiawan, I., Andjarwirawan, J., & Handojo, A. (2013). Aplikasi Makassar Tourism Pada Kota Makassar Berbasis Android. Jurnal Infra, 1, 156.

Silvia, A. F., Haritman, E., & Mulyadi, Y. (2014). Rancang Bangun Akses Kontrol Pintu Gerbang Berbasis Arduino Dan Android. ELECTRANS, VoL.13, No.1, 1-10.

Wibowo, S. H. (2014). Simulasi Pengontrolan Pintu Garasi Otomatis. INTEKNA, Tahun XIV, No. 2, 102 - 109.

Downloads

Published

2017-12-18