PERANCANGAN DAN PEMBUATAN SMART TRASH BIN DI UNIVERSITAS MAARIF HASYIM LATIF

Authors

  • Sukarjadi Sukarjadi Politeknik SAKTI
  • Arifiyanto Arifiyanto Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Deby Tobagus Setiawan Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Moch. Hatta Universitas Maarif Hasyim Latif http://orcid.org/0000-0001-7773-676X

DOI:

https://doi.org/10.51804/tesj.v1i2.123.101-110

Keywords:

smart trash bin, arduino uno, arduino ide, c , sensor hc-sr04, servo

Abstract

Dalam meningkatkan kesadaran akan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, kadang memerlukan cara yang unik agar tiap-tiap individu tertarik, sehingga tak segan untuk membuang sampah pada tempatnya. Tempat sampah pada umumnya membuka dan menutupnya secara manual. Hal ini menyulitkan seseorang untuk membuang sampah ataupun membersihkan sampah yang sudah penuh.

Penelitian ini dilakukan di Universitas Maarif Hasyim Latif, memberikan solusi dengan membuat tempat sampah pintar (smart trash bin) berbasis Arduino Uno, menggunakan sensor HC-SR04, motor servo, rangkaian adaptor, buzzer dan LED. Dalam Smart Trash Bin menggunakan sensor HC-SR04 berbasis Arduino board sebagai pendeteksi jarak, sedangkan motor servo digunakan sebagai penggerak buka dan tutup tempat sampah, dan buzzer beserta LED sebagai notifikasi bahwa sampah sudah penuh.

Perancangan modul yang dilakukan dalam tiga tahap : (1) perancangan software mulai dari pendeskripsian kerja dari sistem Arduino Uno, bahasa c++ sebagai bahasa perancangan program, pembuatan flowchart, Selanjutnya masuk kedalam pembuatan program pada komputer; (2) perencanaan hardware yang dilakukan pada pembuatan rangkaian modul sensor jarak, LED dan buzzer; dan (3) pembandingan antara hardware dan software.

Author Biographies

Sukarjadi Sukarjadi, Politeknik SAKTI

Teknik Elektro
Scopus ID: 56497201000

Arifiyanto Arifiyanto, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Komputer, Fakultas Teknik

Deby Tobagus Setiawan, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Komputer, Fakultas Teknik

Moch. Hatta, Universitas Maarif Hasyim Latif

Teknik Komputer, Fakultas Teknik

References

Istiyanto, J. (2014). Pengantar Elektronika dan Instrumentasi, Pendekatan Project Arduino dan Android (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Kadir, A. (2013). Panduan Praktis Mempelajari Aplikasi Mikrokontroler Dan Pemrogramannya Menggunakan Arduino (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Kadir, A. (2015). From Zero to a Pro: Arduino (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Kadir, A. (2017). Pemrograman Arduino Menggunakan ArduBlock (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Sanjaya, M. (2016). Panduan Praktis Membuat Robot Cerdas Menggunakan ARDUINO dan MATLAB (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Sanjaya, M. (2016). Robot Cerdas, Berbasis Speech Recognititon Menggunakan Matlab Dan Arduino+cd (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Sanjaya, M. (2017). Panduan Praktis Pemrograman Robot Vision Menggunakan Matlab (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Santoso, H. (2015). Panduan Praktis Arduino untuk Pemula. Trenggalek: Elang Sakti.

Syahwil, M. (2014). Panduan Mudah Simulasi Dan Praktek Mikrokontroler Arduino (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Syahwil, M. (2017). Panduan Mudah Belajar Arduino Menggunakan Simulasi Proteus (I, 1st Published ed.). Yogyakarta: Andi Publisher.

Downloads

Published

2017-12-18